EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Authors

  • Muhamad Arpan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak
  • Sahbidin Sahbidin Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i2.358

Keywords:

Quantum Teaching, hasil belajar, aktivitas belajar, respon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa; (2) aktivitas belajar siswa; (3) respon siswa; dan (4) peningkatan hasil belajar siswa pada materi Perangkat Keras Komputer setelah menggunakan Quantum Teaching. Bentuk penelitian adalah Pra-Eksperimen dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang terbagi menjadi 6 kelas. Sampel penelitian adalah kelas VII B dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Alat pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar siswa setelah menggunakan Quantum Teaching secara klasikal adalah 78,12% sehingga dinyatakan tuntas; (2) aktivitas belajar siswa saat menggunakan Quantum Teaching memiliki nilai rata-rata 78,95% sehingga tergolong sangat aktif; (3) respon siswa setelah menggunakan Quantum Teaching diperoleh persentase terbesar pada kategori sangat setuju dengan 42,41%; dan (4) terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan Quantum Teaching pada materi Perangkat Keras Komputer.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-02-04

How to Cite

Arpan, M., & Sahbidin, S. (2017). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(2), 249–262. https://doi.org/10.31571/edukasi.v14i2.358

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)