Analisis Cerita Pendek Tugas Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak

Mesterianti Hartati

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui unsur pembangun dari cerita pendek yang dikarang oleh mahasiswa. Cerita pendek tersebut merupakan satu diantara tugas mata kuliah Fiksi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, berbentuk kualitatif dalam bentuk kata-kata atau gambar-gambar. Adapun data berupa unsur intrinsik yang bersumber dari cerita pendek mahasiswa Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Pontianak. Penelitian merupakan deskripsi artikel dokumenter karena yang dikaji berupa cerita pendek hasil karya mahasiswa. Penelitian bermaksud mendeskripsikan hasil analisis cerita pendek karya mahasiswa mata kuliah Fiksi yang dikaji berdasarkan unsur intrinsiknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita pendek yang dianalisis tersebut dilihat berdasarkan tema, alur, latar, penokohan, sudut pandang, dan amanat. Secara keseluruhan, cerpen berlatar di wilayah Kalimantan Barat dan menggunakan alur maju. Cerita Pendek diperankan oleh berbagai karakter dan memiliki pesan yang positif.


Keywords


analisis; cerita pendek; tugas mahasiswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i1.411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Mesterianti Hartati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING AND ARCHIVING

 JournalStories Main Logo



PUBLISHED BY

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah
IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
e-mail: edukasi.ikippgriptk@gmail.com



e-ISSN 2407-1803 (electronic)

p-ISSN 1829-8702 (print)

 

Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License