Bimbingan Kelompok dengan Metode Mnemonic Device untuk Meningkatkan Daya Ingat Mahasiswa

Authors

  • Martin Martin Bimbingan dan Konseling, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Riki Maulana Bimbingan dan Konseling, IKIP PGRI Pontianak, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.628

Keywords:

bimbingan kelompok, mnemonic device, daya ingat

Abstract

Kemampuan daya ingat perlu ditingkatkan dengan asumsi bahwa ingatan sangat diperlukan dalam proses belajar. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan daya ingat mahasiswa melalui bimbingan kelompok dengan metode mnemonic device. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling  IKIP-PGRI Pontianak yang berjumlah 25 mahasiswa dan teknik penarikan sampel dengan cara purposive sampling dengan jumlah 6 mahasiswa. Teknik pengumpul data yaitu teknik obsservasi lansung dan komunikasi tidak lansung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah panduan observasi dan skala psikologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan metode mnemonic device dapat meningkatkan daya ingat mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling IKIP-PGRI Pontianak.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-12-23

How to Cite

Martin, M., & Maulana, R. (2017). Bimbingan Kelompok dengan Metode Mnemonic Device untuk Meningkatkan Daya Ingat Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2), 168–180. https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.628

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)