Bimbingan Kelompok dengan Metode Mnemonic Device untuk Meningkatkan Daya Ingat Mahasiswa

Martin Martin, Riki Maulana

Abstract


Kemampuan daya ingat perlu ditingkatkan dengan asumsi bahwa ingatan sangat diperlukan dalam proses belajar. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan daya ingat mahasiswa melalui bimbingan kelompok dengan metode mnemonic device. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling  IKIP-PGRI Pontianak yang berjumlah 25 mahasiswa dan teknik penarikan sampel dengan cara purposive sampling dengan jumlah 6 mahasiswa. Teknik pengumpul data yaitu teknik obsservasi lansung dan komunikasi tidak lansung. Alat pengumpul data yang digunakan adalah panduan observasi dan skala psikologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan metode mnemonic device dapat meningkatkan daya ingat mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling IKIP-PGRI Pontianak.

 

 


Keywords


bimbingan kelompok; mnemonic device; daya ingat

Full Text:

Download PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v15i2.628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Martin, Riki Maulana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING AND ARCHIVING

 JournalStories Main Logo



PUBLISHED BY

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
Unit Penelitian dan Publikasi Ilmiah
IKIP PGRI Pontianak

Gedung Rektorat Lt. 2, Jl. Ampera No. 88, Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
e-mail: edukasi.ikippgriptk@gmail.com



e-ISSN 2407-1803 (electronic)

p-ISSN 1829-8702 (print)

 

Edukasi: Jurnal Pendidikan is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License