PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK

Authors

  • Ilham Akbar Universitas Negeri Medan
  • Hasratuddin Hasratuddin Universitas Negeri Medan
  • E. Elvis Napitupulu Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i1.7304

Keywords:

pengembangan LKPD, pendekatan saintifik, pemecahan masalah matematis

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan peserta didik MTs Muhammadiyah 29 Stabat dalam memecahkan masalah matematika. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik yangvalid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian mengacu pada Research and Developmentdengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-1 MTs Muhammadiyah 29 Stabat sebanyak 26 orang. Teknik analisis data menggunakan uji kevalidan, kepraktisan, keefektifan, dan N-Gain Score. Rata-rata nilai hasil uji kevalidan oleh validator mencapai angka 88,99dengan persentase sebesar 88,99% berkriteria sangat valid. Rata-rata hasil uji kepraktisan mencapi angka84,16 dengan persentase sebesar 84,16% berkriteria praktis. Keefektifan dilihat berdasarkan pada: 1) ketuntasan belajar kelas ≥ 85% ; 2) mencapai 75% tujuan pembelajaran; 3) respon peserta didik positif dengan nilai 83,33; dan 4) waktu pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan LKPD minimal sama dengan waktu yang dihabiskan dengan pembelajaran tanpa LKPD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliatunnisa, N., & Hidayati, N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Pola Bilangan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(11), 159–168.

Arifin, Z. A. I., & Sepriyani, D. N. A. (2019). Pengembangan LKS Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Polinomial Untuk SMA Kelas XI. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 9–15.

Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435–446.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology. Springer.

Herdiana, Y. (2017). Perbandingan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Discovery Learning dan Problem Based Learning. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 131–146.

Himmah, W. I., & Istiqlal, M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Melalui Problem Posing. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 78–85.

Husadaningsih, T., & Darajat, P. P. (2019). Analisis Kesulitan Guru Matematika Smp Dan Mts Di Kabupaten Malang Menggunakan Pendekatan Saintifik. AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendiidkan Matematika, 8(3), 474–484.

Kurniawati, V., & Rizkianto, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Guided Inquiry dan Learning Trajectory Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 369–380.

Lestari, I., Andinny, Y., & Mailizar, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Situation Based Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 95–108.

Maryanti, S. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op dengan Pendekatan Predict- Observe-Explain untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 293–302.

Muhtadi, D., & Sukirwan. (2017). Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12.

Nieveen, N., & Folmer, E. (2013). Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO, 1–206.

Nuralam, & Eliyana. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMAN 1 Darul Imarah Aceh Besar. DIDAKTIKA, 18(1), 64–76.

Pahrudin, A., & Pratiwi, D. D. (2019). Pendekatan Saintifik dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan Dampaknya Terhadap Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran. Pustaka Ali Imron.

Partayasa, W., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Minat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 168.

Polya, G. (2004). How To Solve It. Princeton University Press.

Prasetyawan, E., & Gunawan, H. I. (2020). Pengembangan LKS Matematika Saintifik SMP Kelas VIII Berbasis Multiple Intelligences Gardner. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 914–925.

Rizkiah, A. W., Nasir, N., & Komarudin, K. (2018). LKPD Discussion Activity Terintegrasi Keislaman dengan Pendekatan Pictorial Riddle pada Materi Pecahan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 39–47.

Sugiyono, . (2017). Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (7 ed). Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2020). Landasan Pengembangan Bahan Ajar (1 ed.). Sanabil.

Supriadi, G. (2021). Statistik Penelitian Pendidikan. UNY Press.

Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189–204.

Yanwar, A., & Fadila, A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis : Dampak Pendekatan Saintifik ditinjau dari Kemandirian Belajar. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 9–22.

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Akbar, I., Hasratuddin, H., & Napitupulu, E. E. (2024). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 22(1), 73–86. https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i1.7304

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)