EKSPLORASI GUIDED DISCOVERY LEARNING: PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN EFIKASI DIRI SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hamida Lailiya Halim universitas muhammadiyah sidoarjo
  • Fitria Wulandari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i1.7396

Keywords:

model pembelajaran Guided Discovery Learning, berpikir kritis, efikasi diri

Abstract

Tujuan studi ini adalah guna mengetahui apakah model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis dan efikasi diri. Studi berikut menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen semu, dengan melibatkan peserta didik SDN Ngaban kelas 4, materi Perubahan Bentuk Energi. Untuk melihat pengaruh model GDL, akan dibuktikan melalui pengumpulan data pretest-posttest serta angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, pengujian normalitas, homogenitas, serta independent sample t-test menunjukkan hasil positif yang signifikan. Nilai mean tes berpikir kritis meningkat dari 61,67 menjadi 74,67, dengan nilai sig(2-tailed) 0,002 dan 0,000 (<α 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwasanya model GDL secara signifikan berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis dan efikasi diri peserta didik, khususnya dalam pembelajaran IPA.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Karimuddin; Jannah. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Agus, I. (2019). Efektivitas guided discovery menggunakan pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan berpikir kritis , prestasi , dan self-efficacy. 6(2), 120–132.

Amalia Aisah, Rini Puspita Candra, A. A. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas v dalam pembelajaran ipa di sdn karang tengah 11 kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(1), 33–44.

Arya Wulandari, I. G. A. P., Sa’Dijah, C., As’Ari, A. R., & Rahardjo, S. (2018). Modified Guided Discovery Model : A conceptual Framework for Designing Learning Model Using Guided Discovery to Promote Student’s Analytical Thinking Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1).

Atikoh, N. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Dengan Guided Inquiry Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Self-Efficacy Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi.

Dahliana, P., Khaldun, I., & Saminan, S. (2018). Pengaruh Model Guided Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(2), 101–106.

Facione, P. A. (2020). Critical thinking: what it is and why it counts. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Hartini Dewi, Kune Syarifuddin, R. (2021). Pengaruh Model Guided Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. SANG PENCERAH, (2), 465–475.

Imawan, O. R. (2015). Perbandingan antara Keefektifan Model Guided Discovery Learning dan Project-Based Learning pada Matakuliah Geometri The Comparisons Between the Effectiveness of the Guided Discovery Learning Model and Project-Based Learning Model on Solid Geometry Subject. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10, 179–188.

Jumaini, J., Hertin, H. H., Nisfiyati, M., & Ibrahim, M. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Hasil Belajar Siswa: Sebuah Meta - Analisis. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 48.

Mayang Riyanti, Sulistyarini, M. U. (2018). Penerapan Model Guided Discovery Learning Dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa SMKN 3 Pontianak.

Nurazizah, S., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Hubungan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 361.

PERMENDIKBUD NO 21, 2016. (2016). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 21 tahun 2016 tentang standar isi pendidikan dasar dan menengah.

Purwati, D. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Self Efficacy Siswa Pada Pembelajaran Tematik Integratif Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gondanglegi. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Rini, A. P., Sa’diyah, I. K., & Muhid, A. (2021). Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Apakah Efektif dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa? Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2419–2429.

Sabrina, F. N., & Rahardi, R. (2021). Pengembangan LKS Berbasis Guided Discovery Learning pada Materi Statistika Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2570–2583.

Sevani, O., & Ramadan, Z. H. (2023). The Effectiveness of Project-Based Learning Model in Increasing Understanding of Mathematical Concepts in Fourth-Grade Elementary School Students. Journal of Education Research and Evaluation, 7(3), 469–476.

Suardi, A. (2015). Profesi guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di era globalisasi. 1(1), 16–24.

Syarafina, D. N., & Mahmudi, A. (2019). The effect of guided discovery learning on student self-efficacy. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4).

Wibowo, T. (2019). Metode Diskoveri Terbimbing (Guided Discovery): Konsep dan Aplikasi dalam Pembelajaran Sains MI/SD. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 7(1), 55.

Widodo, E. R., & Madiun, U. P. (2022). Hubungan antara Efikasi Diri Akademik dengan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 02 Manisrejo. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 392–398.

Winangun, I. M. A., Wiguna, I. K. W., & Nugraha, M. A. (2021). Model Guided Discovery Learning Berorientasi Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(3), 355–363.

Yoannita, B., Budi, E., & Rustana, C. E. (2016). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Model Problem Based Learning. V, 9–14.

Yuliani, Y. H. K. pada T. U. andi. (2021). Implementasi Model Discovery Learning Dipadu Modul Sistem Ekskresi Berbasis Konstruktivisme untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(3), 376–390.

Downloads

Published

2024-06-29

How to Cite

Halim, H. L., & Wulandari, F. (2024). EKSPLORASI GUIDED DISCOVERY LEARNING: PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN EFIKASI DIRI SISWA SEKOLAH DASAR. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 22(1), 1–15. https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i1.7396

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)