EKSPLORASI GUIDED DISCOVERY LEARNING: PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN EFIKASI DIRI SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i1.7396Keywords:
model pembelajaran Guided Discovery Learning, berpikir kritis, efikasi diriAbstract
Tujuan studi ini adalah guna mengetahui apakah model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis dan efikasi diri. Studi berikut menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen semu, dengan melibatkan peserta didik SDN Ngaban kelas 4, materi Perubahan Bentuk Energi. Untuk melihat pengaruh model GDL, akan dibuktikan melalui pengumpulan data pretest-posttest serta angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, pengujian normalitas, homogenitas, serta independent sample t-test menunjukkan hasil positif yang signifikan. Nilai mean tes berpikir kritis meningkat dari 61,67 menjadi 74,67, dengan nilai sig(2-tailed) 0,002 dan 0,000 (<α 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwasanya model GDL secara signifikan berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis dan efikasi diri peserta didik, khususnya dalam pembelajaran IPA.
Downloads
References
Abdullah, Karimuddin; Jannah. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Agus, I. (2019). Efektivitas guided discovery menggunakan pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan berpikir kritis , prestasi , dan self-efficacy. 6(2), 120–132.
Amalia Aisah, Rini Puspita Candra, A. A. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas v dalam pembelajaran ipa di sdn karang tengah 11 kota Tangerang. Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(1), 33–44.
Arya Wulandari, I. G. A. P., Sa’Dijah, C., As’Ari, A. R., & Rahardjo, S. (2018). Modified Guided Discovery Model : A conceptual Framework for Designing Learning Model Using Guided Discovery to Promote Student’s Analytical Thinking Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1).
Atikoh, N. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Dengan Guided Inquiry Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Self-Efficacy Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi.
Dahliana, P., Khaldun, I., & Saminan, S. (2018). Pengaruh Model Guided Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(2), 101–106.
Facione, P. A. (2020). Critical thinking: what it is and why it counts. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Hartini Dewi, Kune Syarifuddin, R. (2021). Pengaruh Model Guided Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. SANG PENCERAH, (2), 465–475.
Imawan, O. R. (2015). Perbandingan antara Keefektifan Model Guided Discovery Learning dan Project-Based Learning pada Matakuliah Geometri The Comparisons Between the Effectiveness of the Guided Discovery Learning Model and Project-Based Learning Model on Solid Geometry Subject. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10, 179–188.
Jumaini, J., Hertin, H. H., Nisfiyati, M., & Ibrahim, M. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Hasil Belajar Siswa: Sebuah Meta - Analisis. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 48.
Mayang Riyanti, Sulistyarini, M. U. (2018). Penerapan Model Guided Discovery Learning Dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa SMKN 3 Pontianak.
Nurazizah, S., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Hubungan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 361.
PERMENDIKBUD NO 21, 2016. (2016). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 21 tahun 2016 tentang standar isi pendidikan dasar dan menengah.
Purwati, D. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Self Efficacy Siswa Pada Pembelajaran Tematik Integratif Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Gondanglegi. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Rini, A. P., Sa’diyah, I. K., & Muhid, A. (2021). Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Apakah Efektif dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa? Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2419–2429.
Sabrina, F. N., & Rahardi, R. (2021). Pengembangan LKS Berbasis Guided Discovery Learning pada Materi Statistika Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2570–2583.
Sevani, O., & Ramadan, Z. H. (2023). The Effectiveness of Project-Based Learning Model in Increasing Understanding of Mathematical Concepts in Fourth-Grade Elementary School Students. Journal of Education Research and Evaluation, 7(3), 469–476.
Suardi, A. (2015). Profesi guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di era globalisasi. 1(1), 16–24.
Syarafina, D. N., & Mahmudi, A. (2019). The effect of guided discovery learning on student self-efficacy. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4).
Wibowo, T. (2019). Metode Diskoveri Terbimbing (Guided Discovery): Konsep dan Aplikasi dalam Pembelajaran Sains MI/SD. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 7(1), 55.
Widodo, E. R., & Madiun, U. P. (2022). Hubungan antara Efikasi Diri Akademik dengan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 02 Manisrejo. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 392–398.
Winangun, I. M. A., Wiguna, I. K. W., & Nugraha, M. A. (2021). Model Guided Discovery Learning Berorientasi Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(3), 355–363.
Yoannita, B., Budi, E., & Rustana, C. E. (2016). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Model Problem Based Learning. V, 9–14.
Yuliani, Y. H. K. pada T. U. andi. (2021). Implementasi Model Discovery Learning Dipadu Modul Sistem Ekskresi Berbasis Konstruktivisme untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(3), 376–390.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitria Wulandari, Hamida Lailiya Halim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.