DAMPAK PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA AGAMA BUDDHA SMP KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i2.7417Keywords:
model pembelajaran, project based learning, motivasi belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dampak penerapan project based learnng pada motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Buddha. Metode kuantitatif diterapkan pada studi ini dengan menerapkan pendekatan korelasional. Studi ini dilaksanakan di SMP Karya Dharma Bhakti Palembang pada Agustus 2023 hingga Januari 2024. Peserta didik SMP kelas VIII A dan VIII B sebanyak 45 orang merupakan subjek studi ini. Instrumen studi yang digunakan yaitu berupa berupa angket yang telah melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Data dianalisis dengan metode analisis regresi linier sederhana. Temuan studi mengindikasikan nilai korelasi sebesar 0,745 antara variabel project based learning dan motivasi belajar peserta didik yang mengindikasikan adanya hubungan yang kuat di antara keduanya. Selain itu, temuan uji regresi memperlihatkan nilai r-hitung sebanyak 7,331 dengan signifikansi (Sig.) 0.000 ≤ 0.05, sehingga (Ho) ditolak. Kesimpulan studi menjelaskan pembelajaran project based learning berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP Karya Dharma Bhakti Palembang.
Downloads
References
Alamanda, F., Dina Handayani, ati, Rasyid Ridlo, Z., & Artikel, R. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Engineering Design Process Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Smp Info Artikel Abstrak. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 15(2), 229–238.
Amir, M., Muslimin, A. A., & Rosleny. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas Atas di UPT SPF SD Negeri Mangkura IV Makassar. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 8(2), 212–223.
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 11.
Budiyanto, B., Kabri, K., & Surya, J. (2024). Management of the Conduction Independent Curriculum at Buddhist College: Case Study. Media Manajemen Pendidikan, 6(3), 333–344.
Bulkini, J., & Nurachadijat, K. (2023). Potensi Model PJBL (Project-Based Learning) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Azzainiyyah Nagrog Sukabumi. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(1), 16–21.
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.
Chandra, A., Khiong, K., & Utomo, B. (2023). Pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Proses Belajar Aktif Pendidikan Agama Buddha pada Siswa SMP Metta Maitreya Pekanbaru. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary, 1(2), 271–275.
Darani, D., Nyanasuryanadi, P., & Prasetyo, E. (2023). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Antusiasme Belajar Siswa Sekolah Minggu Buddha Dharma Loka. Jurnal Agama Buddha Dan Ilmu Pengetahuan, 9(2), 122–133.
Dirgari, Y., Panjaitan, R. G. P., & Kusmawati, A. (2023). Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 12(1), 56–65.
Dwi Tamara, M., & FH, Y. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Gamification Berbantuan Qr Code Terhadap Motivasi Belajar. Paedagoria:Jurnal Kajian, Penelitian, Dan Pengembangan Kependidikan, 15(1), 73–79.
Fazrin, E. F. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project-Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas X TKJ SMKS Dwi Putra Bangsa Cimanggu. Cendekia Pendidikan, 3, 81–93.
Halimah, A. N., Winarni, R., & Supianto. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Ipas Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 12(2), 67–72.
Halisa, N. (2022). Pengaruh Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Alu. Biogenerasi Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 35–43.
Hapsari, D. I., Airlanda, G. S., & Susiani. (2019). Penerapan project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar matematika. 2(1), 102–112.
Hermawati, R., Handayani, R., Suraya, A., Veritia, V., & Astuti, E. P. (2019). Motivasi Belajar Untuk Siswa : Jaga Sikapmu, Semangatmu Untuk Meraih Prestasi Dimasa Yang Akan Datang. BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(4), 223–228.
Kelvin, K., & Nyanasuryanadi, P. (2023). Peran Dosen Pembimbing Akademik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Keagamaan Buddha. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(11), 1253–1262.
Lestari, E. W., Juaini, M., & Rokhmat, J. (2023). Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. JCAR : Journal of Class Action Research, 5(3), 198–202.
Mahendra, F. E., Sundari, Eregua, E. E., Setyo, A. A., Rusani, I., & Trisnawati, N. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4, 540–545.
Mujiyanto. (2022). The effect of motivation and learning discipline on student learning outcomes in online-based Buddhist religious education subjects. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 21(1), 1326–1333.
Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333.
Pangesti, W. A., Fanani, A., & Pastyo, D. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Buana Pendidikan, 16(30), 27–32.
Ridzky Iklasul Fariasih, & Achmad Fathoni. (2022). Project Based Learning Model on Motivation and Learning Outcomes of Elementary Civic Education. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(4), 705–711.
Safaruddin, S., Ibrahim, N., Juhaeni, J., Harmilawati, H., & Qadrianti, L. (2020). The Effect of Project-Based Learning Assisted by Electronic Media on Learning Motivation and Science Process Skills. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1(1), 22–29.
Sakilah, S., Yulis, A., Nursalim, N., Vebrianto, R., Anwar, A., Amir, Z., & Sari, I. K. (2020). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Sekolah Dasar Negeri 167 Pekanbaru. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 4(1), 127.
Santosa, D. T., & Us, T. (2016). Faktor-Faktor penyebab rendahnya motivasi belajar dan solusi penanganan pada siswa kelas XI jurusan Teknik Sepeda Motor. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 13(2), 14–21.
Sirait, J. E. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Pembelajaran di Sekolah Dasar Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara. Diegesis : Jurnal Teologi, 6(1), 49–69.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukmana, I. K., & Amalia, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Kerja Sama Siswa dan Orang Tua di Era Pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3163–3172.
Supriani, Y., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1–10.
Sutardi, S., & Sugiharsono, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188–198.
Wu, T. T., & Wu, Y. T. (2020). Applying project-based learning and SCAMPER teaching strategies in engineering education to explore the influence of creativity on cognition, personal motivation, and personality traits. Thinking Skills and Creativity, 35(May 2019), 100631.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fany Amelia Sari, Eko Prasetyo, Budiyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.