EFEKTIVITAS EKSTRAKURIKULER ROBOTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SDIT AT TAUBAH JAKARTA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i2.7453Keywords:
efektivitas, berpikir kreatif, ekstrakulikuler, robotikAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan efektivitas antara ekstrakulikuler robotik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di SDIT Taubah Jakarta Timur. Menggunakan mixed methods model Sequenti al E xplanatory Strategy yang mengintegrasikan metode kuantitatif dan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan survei. Hasil penelitian yang dilakukan di SDIT Taubah menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler efektif meningkatkan berpikir kreatif siswa berdasarkan hasil uji T menunjukkan hasil signifikasi kurang dari 0,001 maka dinyatakan terdapat pengaruh ekstrakulikuler robotik terhadap kemampuan berpikir kreatif. Hal ini juga tercermin dari hasil wawancara terhadap pembina ekstrakulikuler robotik menunjukkan semakin berkembangnya potensi siswa, misalnya dalam pengembangan diri untuk mampu memecahkan permasalahan yang ada. Kenyataan ini mempengaruhi kreativitas dan kemandirian siswa, agar dapat terus berinovasi menciptakan karya yang sesuai dengan kepribadiannya, mengembangkan dan meningkatkan rasa percaya diri dalam menghasilkan ide dan pemikiran.
Downloads
References
Arini, Novanita Whindi, Arum Fatayan, Khavisa Pranata, and Amalia Bachrudin. 2022. “Efektifitas Metode Critical Thinking Dalam Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan (MMP).” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(5): 4705–12.
Bariroh, Zahrotun. 2021. “Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.” Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(1): 8–19.
Desmisawati, Desmisawati, Bunga Ayu Wulandari, and Muhammad Ali. 2022. “Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pada Sekolah Dasar Di Gugus Muhajirin.” Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas 7(1): 44–59.
Erdogan, Akkaya, dan Celebi Akkaya. 2009. The Effect of The Van Hiele Model Based Instruction on The Creative Thinking Levels of. 6 Th.
Fadlilah, Chusnul, and Tatag Yuli Eko Siswono. 2022. “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Asimilasi (Assimilating) Dan Konvergen (Converging) Dalam Memecahkan Masalah Numerasi.” MATHEdunesa 11(2): 548–61.
Farooq, Adil et al. 2023. “Exploring the Impact of Robotics in STEM Education Activities and Competitive Challenges.” International Conference on Cybernetics and Innovations, ICCI 2023 (June 2024): 1–6.
Al Gerafi, Mohammed A.M., Yueliang Zhou, Mohamed Oubibi, and Tommy Tanu Wijaya. 2023. “Unlocking the Potential: A Comprehensive Evaluation of Augmented Reality and Virtual Reality in Education.” Electronics (Switzerland) 12(18).
Harefa, Ida Destariana, and Ahmad Tabrani. 2021. “Problematika Pendidikan Karakter, Antara Konsep Dan Realita.” SHAMAYIM: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 1(2): 148–56.
Hou, Haoxiang, Xianyi Zhang, and Dan Wang. 2023. “Can Educational Robots Improve Student Creativity? A Meta-Analysis Based on 48 Experimental and Quasi-Experimental Studies.” Frontiers of Education in China 18(3): 223–44.
Jasmine, Nabila, and Nana Supriatna. 2022. “Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Video Digital Pada Pembelajaran Sejarah.” FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah 11(1): 1–8.
Mardhiyana, Dewi, and Endah Octaningrum Wahani Sejati. 2016. “Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1(1): 672–88.
Nurdinah Hanifah, J. Julia. 2020. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 9 Dasar Membedah Anatomi Kurikulum 2013 Untuk Membangun Masa Depan Pendidikan Yang Lebih Baik.
Rahayu, Fitriani. 2022. “Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Startegi 4P (Person, Press, Process, Product).” Jurnal Ilmiah Mandala Education 8(3): 2406–14.
Sapuroh, Siti. 2022. “Efektivitas Ekstrakulikuler Btq Dalam Meningkatkan Kompetensi Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Di Smpn 9 Rejang Lebong.” EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan 2(1): 63–71.
Soumitra Dutta, Bruno Lanvin, and Lorena Rivera León and Sacha Wunsch-Vincent. 2023. “Global Innovation Index 2023 Innovation in the Face of Uncertainty.” WIPO. https://www.wipo.int/edocs/pubdocs/en/wipo-pub-2000-2023-en-main-report-global-innovation-index-2023-16th-edition.pdf.
Supiadi1, Epi et al. 2023. “Efektivitas Model Pembelajaran Terpadu Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah.” Journal on Education 5(3): 9494–9505.
Suwarsono, Rossy Miselina, and Abdul Muhid. 2020. “Pengaruh Kegiatan Robotika Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Usia SD.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 6(1): 136–46.
Syifa, D N A. 2018. “Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Robotika Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Usia MI/SD.”
Utomo Aji, Singgih, Tian Abdul Aziz, and Flavia Aurelia Hidajat. 2024. “Kemampuan Berpikir Kreatif Di Indonesia : Sebuah Kajian Literatur.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta 6(1): 37–44.
Yang, Yuqin et al. 2020. “Fostering Students’ Creativity via Educational Robotics: An Investigation of Teachers’ Pedagogical Practices Based on Teacher Interviews.” British Journal of Educational Technology 51(5): 1826–42.
Zainab, Siti, and Supriyanto. 2020. “Pengelolaan Ekstrakurikuler Robotik Dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan.”
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lindu Cahyani, Khavisa Pranata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC-BY-NC) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.