Respon Siswa terhadap LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Submateri Sistem Pernapasan Manusia Kelas XI

Authors

  • Tesa Manisa Pendidikan Biologi, Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Eka Aryati Pendidikan Biologi, Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat
  • Reni Marlina Pendidikan Biologi, Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.771

Keywords:

LKS, inkuiri terbimbing, respon siswa

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing pada submateri Sistem Pernapasan Manusia. Metode penelitian adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Pontianak tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 28 siswa. Penelitian merupakan penelitian lanjutan dari penelitian pengembangan yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya. Teknik pengumpulan data menggunakan angket respon siswa. Angket yang digunakan merupakan angket tertutup menggunakan skala likert dengan empat skala penilaian. Terdapat tiga dimensi respon yang akan dilihat yakni dimensi kognitif, afektif, dan konatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa siswa memberikan respon positif terhadap LKS berbasis inkuiri terbimbing dengan persentase pada dimensi kognitif sebesar 80%, dimensi afektif sebesar 77%, dan dimensi konatif sebesar 78%. Secara keseluruhan siswa memberikan respon positif terhadap LKS berbasis inkuiri terbimbing dengan rata-rata persentase skor sebesar 78%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-08-07

How to Cite

Manisa, T., Aryati, E., & Marlina, R. (2018). Respon Siswa terhadap LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Submateri Sistem Pernapasan Manusia Kelas XI. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(1), 1–10. https://doi.org/10.31571/edukasi.v16i1.771

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)