PENGARUH PENDAFTARAN SISWA BERBASIS ZONA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ni Luh Sutalmi Universitas Terbuka
  • Samsurizal M Sulaeman Universitas Terbuka
  • Siti Aisyah Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i2.7786

Keywords:

Zonasi PDP, Prestasi Guru, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Penerapan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) telah memicu perdebatan sengit di kalangan masyarakat. Kebijakan ini mengubah lanskap pemilihan sekolah, mendorong para siswa untuk mengeksplorasi berbagai pilihan pendidikan di lingkungan terdekat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan sistem zonasi PPDB terhadap hasil belajar siswa dan kinerja guru di sekolah dasar negeri di Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasinoal. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar kepada 169 kepala sekolah dan guru PNS di sekolah dasar negeri menggunakan teknik cluster sampling. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi dengan nilai (0.28>0.005) yang signifikan antara penerapan sistem zonasi PPDB dengan peningkatan hasil belajar siswa maupun kinerja guru di sekolah dasar negeri Kabupaten Parigi Moutong.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AAhn, N., Kang, B., & Sohn, K. A. (2018). Fast, accurate, and lightweight super-resolution with cascading residual network. In Proceedings of the European conference on computer vision (ECCV) (pp. 252-268).

Ansyar, S., Anisa, & Takdir, M. (2021). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Pada SD Negeri 21 Jati Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. JIEE : Jurnal Ilmiah Ekotrans & Erudisi, 1(1), 52–65.

Arikunto. (2008). 10 cara penentuan sampel menurut para ahli (pp. 1–10)

Badan Kedaulatan. (1945). Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.105(3),129–133.

Bell, R., & Bell, H. (2020). Applying educational theory to develop a framework to support the delivery of experiential entrepreneurship education. Journal of Small Business and Enterprise Development, 27(6), 987-1004.

Chen, C. H., & Yang, Y. C. (2019). Revisiting the effects of project-based learning on students’ academic achievement: A meta-analysis investigating moderators. Educational Research Review, 26, 71-81.

Diana, R., Ahmad, S., & Wahidy, A. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1828–1835.

Fadil, K., Amran, A., & Alfaien, N. I. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mewujudkan Suistanable Developments Goal’s. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(2).

Hanushek, E. A. (2020). Education production functions. In The economics of education (pp. 161-170). Academic Press.

Kaffa, Z., Budi, S. S., & Gistituati, N. (2021). Kebijakan Penerapan Sistem Zonasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1870-1879.

Kemendikbud RI. (2021). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Permendikbud, 1–25.

Kemendikbud. (2020). Penerimaan Peserta Didik Berdasarkan Zonasi Pendidikan.

Kerlinger, F. N. & Lee, H. B. (1973). The foundation of behavioural research. Victoria: Thomas Learning

Kidder Louise, (1981) Research Methods Instrumen Social Relation, Holt, Rinehart and Winston.

Kyriacou, C., & Coulthard, M. (2018). Undergraduates’ views of teaching as a career choice. In The Journal of Education for Teaching at 40 (pp. 351-360). Routledge

Norboevna, B. M., & Husenovich, R. T. (2020). The method of using problematic education in teaching theory of matrix to students. Academy, (4 (55)), 68-71.

Nylund-Gibson, K., & Choi, A. Y. (2018). Ten frequently asked questions about latent class analysis. Translational Issues in Psychological Science, 4(4), 440

Pangaribuan, E. N., Hariyati, N., & HAZIN, M. (2019). Implementasi kebijakan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru jenjang SMP di Kabupaten Gresik. Inspirasi manajemen pendidikan, 7(1).

Parimo, D. K. (2022). Lampiran SK Bupati Parimo PPDB 2022.

Perdana, N. S. (2019). Implementasi PPDB zonasi dalam upaya pemerataan akses dan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(1), 78-92

Perraton, H. (2020). A theory for distance education. In Distance education (pp. 34-45). Routledge

Robbi Pujoandika1, A. S. (2021). Dampak kinerja guru dan motivasi belajar dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 6(2), 47.

Sari, D. K., Sunandar, A., Gunawan, I., & Timan, A. (2021). Pengaruh sistem zonasi terhadap prestasi belajar ditinjau dari kualitas input peserta didik di SMP Negeri 2 Jogoroto Kabupaten Jombang. 3(10), 897–904.

Selvia, A., Azhar, & Gimin. (2021). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri se Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2633–2637.

Safitri, M. A., & Yusran, R. (2021). Evaluasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan Sistem Zonasi pada SMA Negeri di Kota Padang. Journal of Civic Education, 4(1), 92-100.

Solichin, M., & Kutsi, I. (2019). Implementasi Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Sistem Zonasi pada Tingkat Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar di Kecamatan Jombang. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 5(1), 20-39.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, S., Nurfitrah Lubis, L., & Aditya, R. (2021). Analisis Pengaruh Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 52.

Supriyanto, J. (2023). Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Guru pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 661-686.

Suroyo, S., Putra, B. M., Ibrahim, B., & Yanuar, Y. (2021, December). The effect of learning loss on student’s cognitive development during pandemic of COVID-19. In proceeding of international conference on islamic education (icied) (Vol. 6, No. 1, pp. 169-176).

Suroyo, s., ibrahim, b., al-fiqri, y., putra, b. m., & pratama, m. n. d. (2023). the new discovery technology in industry 4.0; the role of virtual reality (vr) to encourage student’s knowledge in history education. jurnal pendidikan: teori, penelitian, dan pengembangan, 8(5).

Suroyo, s., putra, b. m., al fikri, y., fareza, m., & yuliantoro, y. (2024, january). development of augmented reality (ar) based thematic poster cultural heritage bandar senapelan on learning history. in proceeding of international conference on islamic education (icied) (vol. 8, no. 1, pp. 128-137).

Taridala, S., & Anwar, R. (2023). TRANSFORMASI EDUKASI: Mengoptimalisasi Kinerja Guru dan Kualitas Layanan Melalui Program Merdeka Belajar. Feniks Muda Sejahtera.

Ula, D. M., & Lestari, I. (2020). Dampak sistem zonasi bagi sekolah menengah pertama. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(1), 10-18

Wolff, D., Nee, S., Hickey, N. S., & Marschollek, M. (2021). Risk factors for Covid-19 severity and fatality: a structured literature review. Infection, 49, 15-28.

Downloads

Published

2025-01-03

How to Cite

Sutalmi, N. L., Sulaeman, S. M., & Aisyah, S. (2025). PENGARUH PENDAFTARAN SISWA BERBASIS ZONA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 22(2), 301–316. https://doi.org/10.31571/edukasi.v22i2.7786

Issue

Section

Research Article (Artikel Penelitian)