BAZAR ILMU DENGAN METODE MIND MAP DI TANAH OMBAK

Authors

  • Romi Isnanda Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP, Universitas Bung Hatta
  • Witri Anisa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP, Universitas Bung Hatta
  • Rio Rinaldi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP, Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v2i2.1032

Abstract

Tujuan kegiatan adalah sebagai salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan minat baca adalah membudayakan kegiatan literasi di kalangan anak-anak. Kegiatan literasi dilakukan dengan metode mind map. Bazar ilmu dilaksanakan dengan memberikan latihan-latihan yang kontiniu sebagai persiapan anak-anak mengahadapai ujian akhir semester atau ujian akhir nasional. Kegiatan dilaksanakan di Komunitas Tanah Ombak dengan pendekatan Quantum Learning dengan metode mind map. Berdasarkan pelaksanan pelatihan penjelasan materi dan pembahasan soal ujian yang terdapat dalam program bazar ilmu dengan metode mind map di Tanah Ombak, dapat disimpulkan, yaitu (1) melalui program bazar ilmu dengan metode mind map memberi kebebasan kepada anak untuk membahas dan mepertanyakan kepada instruktur tentang sisi kesulitan yang mereka rasakan sehingga proses pembelajaran lebih santai karena anak-anak tidak merasa terbebani; (2) konsep pembelajaran “belajar sambil bermain†juga terintegrasi selama proses pelatihan berlangsung; (3) melalui program kegiatan bazar ilmu dengan menggunakan metode mind map juga berdampak pada perolehan nilai siswa ketika menjawab soal-soal yang diberikan setelah penjelasan materi. Hal tersebut disebabkan adanya iklim pembelajaran yang sangat santai dan siswa tidak merasa terbebani dalam pembelajaran.

 

Kata kunci: bazar, ilmu, mind map, Tanah Ombak

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-12-31

How to Cite

Isnanda, R., Anisa, W., & Rinaldi, R. (2018). BAZAR ILMU DENGAN METODE MIND MAP DI TANAH OMBAK. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 229–243. https://doi.org/10.31571/gervasi.v2i2.1032