PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI LECTORA DI SMK MUHAMMADYAH 1 PADANG

Authors

  • Karmila Suryani Universitas Bung Hatta Padang
  • Khairudin Khairudin Universitas Bung Hatta Padang

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i1.1197

Keywords:

Kata Kunci, Pelatihan, Multimedia Pembelajaran, Aplikasi Lectora, efektifitas pelatihan

Abstract

Abstrak

 

Pemanfaatan media pembelajan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan salah satu tuntutan pemerintah kepada guru-guru agar proses pembelajaran lebih menarik. Namun saat ini sebagian besar dari guru-guru tidak dapat memanfaatkan TIK tersebut khususnya dalam penggunaan aplikasi Lectora sebagai media pembelajaran. Tujuan dari pelatihan ini adalah agar guru-guru dapat menghasilkan sebuah multimedia pembelajaran interaktif yang menarik sesuai dengan mata pelajaran masing-masing. Peserta dari pelatihan ini adalah guru produktif, adaptif dan normatif SMK Muhammadyah 1 Padang yang berjumlah 42 orang. Metode pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan cara demonstrasi sekaligus praktikum di labor komputer yang dibagi menjadi 2 kelompok. Selanjutnya tahap akhir dilakukan evaluasi dengan menyebarkan angket untuk melihat sejauh mana keefektifan dari pelatihan yang telah dilaksanakan. Hasil dari pelatihan adalah guru-guru telah mempunyai sebuah produk multimedia pembelajaran interaktif yang menarik dan dapat digunakan dalam pembelajaran, tegolong pada kategori baik dengan nilai 85,13%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-01

How to Cite

Suryani, K., & Khairudin, K. (2019). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI LECTORA DI SMK MUHAMMADYAH 1 PADANG. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 58–67. https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i1.1197