PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH GURU BERBASIS PENELITIAN BAGI GURU MGMP IPA KABUPATEN MEMPAWAH
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i2.1320Keywords:
Karya ilmiah, Pelatihan dan Pendampingan, MGMP IPA MempawahAbstract
Abstrak
Peningkatan profesional guru harus terus dilakukan. Pengembangan keprofesian berkelanjutan merupakan salah satu dari unsur utama yang kegiatannya dapat diberikan angka kredit. Masih terdapat kendala yang dialami guru dalam membuat proposal maupun laporan penelitian seperti halnya yang dialami oleh guru-guru anggota MGMP IPA Kabupaten Mempawah. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru IPA dalam merencanakan, melaksanakan, melaporkan, serta mempublikasikan hasil penelitian. Metode yang digunakan yaitu pelatihan dan pendampingan bagi guru-guru anggota MGMP IPA Kabupaten Mempawah. Kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan melalui tahap analisis masalah, paparan materi, diskusi dan pada akhir sesi dilakukan pendampingan dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan. Pada akhir kegiatan pengabdian diharapkan guru sasaran telah menghasilkan proposal penelitian dan telah memiliki wawasan pengetahuan cara mempublikasikan pada jurnal ilmiah yang akan dituju.
Â
Downloads
References
Ani Widayati. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia.(6)(1).
Khisbiyah, Yayah.2018. Struktur, Alur dan Pengorganisasian Gagasan dalam Pembudayaan
Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: UMS Press.
Mia Aina, Bambang H, Retni Sb, Afreni H, Ali Sadikin. Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi
Guru Guru Sma 8 Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Vol (30)(01).
Yuberti. 2016. Penelitian dan Pengembangan yang belum diminati. Yogyakarta: Lembaga Penelitian
UNY.
Sukanti. 2010. Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas.
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia: Vol (06)(01).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.