PKM APLIKASI ASESMEN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA DAN INKLUSI KABUPATEN BANJAR

Authors

  • Fathul Hafidh Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • Mirza Yogy Kurniawan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
  • Mirnawati Mirnawati Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i2.1353

Keywords:

Anak Berkebutuhan Khurus, Apbakus, Asesmen, Pendidikan Luar Biasa

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) diistilahkan kepada anak yang memiliki kelainan/penyimpangan dalam hal fisik, mental maupun karakteristik anak pada umumnya. Pada kabupaten Banjar, untuk memfasilitasi pendidikan dasar bagi ABK terdapat Sekolah Dasar Luar Biasa, dan Sekolah Dasar Inklusi (Pendidikan dasar seperti biasa, akan tetapi juga menerima siswa ABK). Setiap Awal tahun ajaran dan akhir semester, diadakan asesmen kepada anak untuk mengetahui perkembangan tumbuh ABK. Kegiatan asesmen selama ini dilakukan oleh Guru Pendamping Khusus (GPK) dengan keterbatasan personil, media pembantu, keterbatasan waktu dan juga keterbatasan pengetahuan penunjang untuk proses asesmen itu sendiri. Pelaksanaan kegiatan PKM terdiri dari 3 kegiatan utama yaitu pengembangan aplikasi APBAKUS, training pada kedua mitra dan workshop mengenai anak berkebutuhan khusus, asesmen dan pelatihan penggunaan APBAKUS. Dengan adanya PKM ini GPK dapat dengan mudah melakukan asesmen terhadap ABK, mereview asesmen yang telah dilakukan terhadap ABK, memudahkan pencarian data dan mendapatkan informasi dari data asesmen agar pendidikan yang diberikan kepada ABK dapat dimaksimalkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, N. (2013). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Magistra, 1, 1-10.

Grunbacher, P. (1997). A software assessment process for small software enterprises. In EUROMICRO 97. Proceedings of the 23rd EUROMICRO Conference: New Frontiers of Information Technology, 123-128.

Ihantola, P. A. (2010). Review of recent systems for automatic assessment of programming assignments. In Proceedings of the 10th Koli calling international conference on computing education research, 86-93.

Kurniawan, M. Y. (2018). RANCANG BANGUN APLIKASI ASESMEN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH INKLUSIF. Jurnal Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat (JTIULM), 77-82.

Praptiningrum, N. (2010). Fenomena penyelenggaraan pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 7(2).

Triyanto, A. (2008). Pengembangan Aplikasi Instrumen Asesmen Bimbingan dan Konseling dengan Spreadsheet. Dalam Konvensi Nasional III Ikatan Instrumentasi Bimbingan dan Konseling (IIBKIN).

Tyas Leylasari, H. (2015). Pengembangan Panduan Identifikasi dan Asesmen Siswa Berkebutuhan Khusus di Sdn Inklusi X Surabaya. Widya Warta, 1-39.

Yuliawan, E. R. (2017). Implementasi Kebijakan Pengelolaan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah Inklusi di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi DIY. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 379-386.

Zaitun. (2018, April 3). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Retrieved from OSF: osf.io/3v7yq/

Downloads

Published

2020-01-10

How to Cite

Hafidh, F., Kurniawan, M. Y., & Mirnawati, M. (2020). PKM APLIKASI ASESMEN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA DAN INKLUSI KABUPATEN BANJAR. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 190–199. https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i2.1353