PENGOLAHAN HASIL PERIKANAN AIR TAWAR DI KELURAHAN PAHANDUT SEBERANG KECAMATAN PAHANDUT KOTA PALANGKA RAYA

Muhamad Noor Yasin, Firlianty Firlianty, Anang Najamudin

Abstract


Kelurahan Pahandut Seberang adalah salah satu kelurahan di wilayah Kecamatan Pahandut Kota Palangkaraya, kelurahan tersebut merupakan salah satu kelurahan yang dipromosikan sebagai tempat sentra kuliner di Kota Palangkaraya. Ikan toman dan ikan patin di Kelurahan ini merupakan ikan yang dipelihara masyarakat pada kolam keramba dan selama ini merupakan sumber penghasilan bagi masyarakat, biasanya ikan ini hanya dijual dalam bentuk ikan segar saja, sehingga penting untuk dilaksanakan pelatihan diversifikasi pengolahan hasil perikanan dari ikan tersebut dalam bentuk olahan nugget, kaki naga dan ekado.  Metode dari pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan penyuluhan dan pelatihan praktek secara langsung cara pembuatan olahan nugget, kaki naga dan ekado tersebut. Pengolahan hasil perikanan dalam berbagai bentuk olahan ini diharapkan dapat meningkatan nilai gizi dan nilai ekonomi dari ikan yang terdapat di sekitar masyarakat kelurahan Pahandut Seberang

Keywords


ikan air tawar, nugget, ekado, kaki naga, pengolahan ikan

Full Text:

PDF

References


Firlianty, Suprayitno, E., Nursyam, H., Hardoko, & Mustafa, A. (2013). Chemical composition and amino acid profile of channidae collected from central Kalimantan, Indonesia.

Ginting. (2015). Penggunaan bahan pengisi pada nugget. Jurnal Agribisnis.

Hendrawati, S., & Zidni, I. (2017). Gambaran konsumsi ikan pada keluarga dan anak paud rw 07 desa cipacing. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 101-106.

Rinjani, T., Hasibuan, E, Basma., dan Susanti, I, A. (2018). Pemberdayaan ibu rumah tangga melalui penyuluhan tentang ikan dan

udang yang layak konsumsi untuk memenuhi gizi keluarga

(studi kasus di rw 03 desa cipacing kecamatan jatinangor kabupaten Sumedang). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UNPAD, 2(2), 108-112.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1383

Article Metrics

Abstract view : 63 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Gervasi

LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: gervasi.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN:  2598-6147 | e-ISSN: 2598-6155


VISITOR STATS:

View Stats