PENDAMPINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF BAGI ANAK-ANAK DI PANTI ASUHAN USWATUN HASANAH PONTIANAK

Authors

  • Elly Syahadati IKIP PGRI Pontianak
  • Citra Kusumaningsih
  • Finny Anita
  • Ageung Darajat

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1480

Keywords:

pendampingan, panti asuhan, scrabble, kosakata bahasa Inggris

Abstract

Pendampingan belajar bahasa Inggris menggunakan media interaktif yang dilaksanakan oleh Tim dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Pontianak ini dilaksanakan di Panti Asuhan Uswatun Hasanah Pontianak. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan minat dan daya tarik peserta dalam belajar Bahasa Inggris, diharapkan dengan menggunakan media interaktif, peserta dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menggunakan kosakata Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Adapun media interaktif yang digunakan dalam pendampingan ini berupa scrabble. Pengumpulan data yang dipakai dalam kegiatan ini adalah: (1) soal tes unjuk kerja untuk mengukur jumlah penguasaan kosakata peserta. Tes dikerjakan peserta secara individual yang diberikan di akhir materi pembelajaran.  dan (2) catatan lapangan, dilakukan dengan mendokumentasikan proses pembelajaran bahasa Inggris dan foto kegiatan selama proses belajar mengajar baik sebelum maupun ketika dilaksanakan tindakan. Berdasarkan kegiatan pendampingan yang telah dilaksanakan, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perubahan sikap peserta dari yang kurang aktif, tidak antusias dan kurang terlibat menjadi lebih aktif, antusias dan mau berinteraksi secara kolaborasi selama kegiatan pendampingan berlangsung sehingga terdapat peningkatan ketrampilan peserta dalam menguasai kosakata bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Holden, S. (2012). The scrabble player’s handbook. United States and Canada: Hasbro Inc.

Indriana, D. (2011) Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.

Sadiman, A. (2008). Media pendidikan, pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Smith, K., W. (2009). Total scrabble the (un) official scrabble record book. United States and Canada: Hasbro Inc.

Uno, H. (2008). Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-06-29

How to Cite

Syahadati, E., Kusumaningsih, C., Anita, F., & Darajat, A. (2020). PENDAMPINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF BAGI ANAK-ANAK DI PANTI ASUHAN USWATUN HASANAH PONTIANAK. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 159–166. https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1480