PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH KEPADA GURU SMP SE-KOTA PONTIANAK

Al Ashadi Alimin, Mesterianti Hartati, Mai Yuliastri Simarmata

Abstract


Tujuan pelatihan dalam kegiatan PKM ini adalah; terlaksananya pelatihan penelitian tindakan kelas, menambah pemahaman guru terhadap karya tulis ilmiah berupa penelitian tindakan kelas, dan diperoleh rencana judul yang nantinya dapat dikembangkan oleh guru-guru menjadi suatu bentuk penelitian tindakan kelas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dilakukan oleh tim dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak yang ditujukan kepada guru SMP Se-Kota Pontianak yang tergabung dalam MGMP bahasa Indonesia tingkat SMP Kota Pontianak yang berjumlah 40 orang peserta.  Kegiatan dilaksanakan dalam dua bentuk kegiatan yaitu (1) metode ceramah dan tanya jawab digunakan untuk menjelaskan teori mengenai karya tulis ilmiah serta penelitian tindakan kelas, (2) metode simulasi dan metode praktik digunakan untuk tahap kegiatan pelatihan yang menitikberatkan pada kemampuan melaksanakan penelitian tindakan kelas. Keberhasilan kegiatan diukur menggunakan dua cara yaitu (1) angket respon peserta terhadap materi yang disajikan, (2) Proposal PTK yang ditulis oleh peserta pelatihan. Selama pelasanaan kegiatan materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh peserta, akan tetapi karena keterbatasan waktu peserta pelatihan belum optimal dalam praktik tahapan pelaksanaan PTK


Keywords


penelitian tindakan, karya tulis ilmiah

Full Text:

PDF

References


Afandi, M. (2014). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal ilmiah pendidikan dasar, 1(1), 1-19.

Aqib, Z. (2009). Penelitian tindakan kelas untuk guru. Bandung: Yrama Widya.

Hanifah, N. (2014). Memahami penelitian tindakan kelas: teori dan aplikasinya. Bandung: UPI Press.

Hermawati, W. (2017). Pengaruh motivasi kerja guru dan implementasi program kerja musyawarah guru mata pelajaran (mgmp) terhadap kinerja mengajar guru di MTs negeri model brebes. Syntax literate; jurnal ilmiah Indonesia, 2(9), 170-193.

Kemendikbud. (2016a). Pembinaan dan pengembangan profesi guru buku 4 pedoman kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru pembelajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Kemendikbud. (2016b). Pembinaan dan pengembangan profesi guru buku 5 - pedoman penilaian kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan guna mendukung pengembangan profesi guru pembelajar (PPGP). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Langgau, L., & Mataputun, Y. (2016). Peranan MGMP dalam meningkatkan profesionalisme guru bahasa inggris SMP di kota Jayapura. Mapendik: jurnal manajemen pendidikan universitas cenderawasih, 3(1).

Ma’rifataini, L. (2014). Efektivitas MGMP dalam peningkatan profesionalisme guru mata pelajaran umum di MTs. Edukasi: Vol 12 (1), 70-82.

Suprayitno, A. (2019). Pedoman penyusunan dan penulisan jurnal ilmiah bagi guru. Yogyakarta: Deepublish.

Utomo, S. (2016). Penelitian tindakan kelas untuk angka kredit pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru. Papua: LPMP

Wiedarti, P., Laksono, K., & Retnaningsih, P. (2018). Desain induk gerakan literasi sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1537

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Gervasi

LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: gervasi.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN:  2598-6147 | e-ISSN: 2598-6155


VISITOR STATS:

View Stats