RESPON GURU MGMP IPA KABUPATEN BATOLA TERHADAP PELATIHAN PEMBUATAN SOAL IPA BERBASIS HOTS DI LINGKUNGAN LAHAN BASAH
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1619Keywords:
guru IPA, HOTS, lingkungan lahan basahAbstract
Soal IPA yang digunakan oleh guru dalam evaluasi pembelajaran masih ada yang belum berkategori high order thinking skills (HOTS). Oleh karena itu dilakukan pelatihan pembuatan soal IPA berbasis HOTS di lingkungan lahan basah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang pembuatan soal IPA berbasis HOTS. Selain itu juga untuk mengetahui respon peserta terhadap pelatihan yang diberikan. Sasaran kegiatan ini ialah 44 guru Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA Kabupaten Batola. Kegiatan pelatihan dilaksanakan melalui metode ceramah, diskusi, dan praktik. Di akhir kegiatan pelatihan, para peserta diberikan angket untuk mengetahui respon peserta terhadap pelatihan. Diperoleh hasil bahwa para peserta memamai dengan baik materi yang disampaikan selama pelatihan berlangsung. Hal ini menunjukkan penyelenggaraan pelatihan pembuatan soal IPA berbasis HOTS di lingkungan lahan basah berjalan dengan baik.
Downloads
References
Aslan, S. (2015). Is learning by teaching effective in gaining 21st century skills? The views of pre-service science teachers. Educational Science: Theory & Practice, 1441–1457.
Fanani, M. Z. (2018). Strategi pengembangan soal hots pada kurikulum 2013. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 2(1).
Fitriani, C., AR, M., & Usman, N. (2017). Kompetensi profesional guru dalam pengelolaan pembelajaran di MTS Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 5(2).
Gomes, F. C. (2000). Managemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Andi Offset.
Gunawan, I. (2011). Evaluasi program pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 17(1).
Haryandi, S., Misbah, M., Mastuang, M., Dewantara, D., & Mahtari, S. (2019). Analysis of students’ critical thinking skills on solid material elasticity. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ, 2(2), 89–94.
Ichsan, I. Z., Risky Hasanah, S. A., Ristanto, R. H., & Miarsyah, M. (2019). Higer order thinking assessment based on enviromental problem (HOTS-AEP): Mendesain evaluasi pembelajaran abad 21. Jurnal Biotek, 14–26.
Jailani, J., & Retnawati, H. (2017). Keefektifan pemanfaatan perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan HOTS dan karakter siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP, 23(2), 111–123.
Karim, K., Hidayanto, T., Kamaliyah, K., & Arrasyid, M. F. (2019). Bimbingan pembuatan soal berorientasi HOTS bagi guru peserta MGMP matematika SMP Kabupaten Banjar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 100–105.
Linda, T., Ismail, I., & Wiharto, W. (2019). Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal biologi berkategori HOTS di SMA Negeri 1 Tana Toraja. In Seminar Nasional Biologi.
Misbah, M., Mahtari, S., Wati, M., & Harto, M. (2018). Analysis of students’ critical thinking skills in dynamic electrical material. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ, 1(2), 103–110.
Nuriyah, N. (2014). Evaluasi pembelajaran: Sebuah kajian teori. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 73–86.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.
Purnamawati, D., Ertikanto, C., & Suyatna, A. (2017). Keefektifan lembar kerja siswa berbasis inkuiri untuk menumbuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 209–219.
Purwanto, M. N. (2009). Prnsip-prinsip evaluasi pengajaran. Bandung: Rosda Karya.
Royantoro, F., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap higher order thinking skills peserta didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 371–382.
Sambite, F. C., Mujasam, M., Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2019). Penerapan project based learning berbasis alat peraga sederhana untuk meningkatkan HOTS peserta didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 141–147.
Sawaluddin. (2018). Konsep vvaluasi dalam pembelajaran pendidikan islam. Jurnal Al-Thariqah.
Widoyoko, S. E. P., & Putro, E. (2013). Optimalisasi peran guru dalam evaluasi program pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 22(2), 177–186.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.