PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIF MATERI GEOMETRI PADA GURU SD NEGERI 2 SEBUBUS KECAMATAN PALOH
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1642Keywords:
media pembelajaran manipulatif, geometriAbstract
Downloads
References
Aden, C. (2011). Meningkatkan Kemampuan penalaran dan komunikasi matematik melalui model think-pair-share berbantuan geometer’s sketchpad,. Universitas Pendidikan Indonesia.
Fadillah, S., Susiaty, U. D., & Ardiawan, Y. (2017). Pelatihan penggunaan media pembelajaran. GERVASI: Jurnal pengabdian kepada masyarakat, 3(1), 2.
Hartono, Haryadi, R., & Susiaty, U. D. (2019). Pelatihan penggunaan media pembelajaran matematika pada MGMP matematika SMA kabupaten kubu raya. GERVASI: Jurnal pengabdian kepada masyarakat, 3(1), 2.
Herdianti, A., & Dharmayana, I. W. (2017). Penggunaan media manipulatif untuk meningkatkan aktifitas pembelajaran matematika (PTK di Kelas IV A SD Negeri 1 Kota Bengkulu ), 16(2).
Karyanti, T. (2019). Pendidikan anti korupsi berbasis multimedia. Yogyakarta: Deepublish.
Khairani, M., & Febrinal, D. (2016). Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk macromedia flash materi tabung untuk SMP kelas ix. Jurnal Iptek Terapan, 10(2), 95–102, (Online), (https://doi.org/10.22216/jit.2016.v10i2.422)
Kristanti, D. (2014). Meningkatkan pemahaman melalui media manipulatif. 1(2), 1–16.
Latuheru, J. (1988). Media pembelajaran dalam proses belajar masa. Jakarta: Depdikbud.
Mayasari, N., P, N. I., Novianti, D. E., Indriani, A., & Noeruddin, A. (2017). Pemanfaatan media pembelajaran geoboard dalam pembelajaran matematika materi keliling dan luas bangun segi empat dan segitiga. 1(1), 60–65.
Rosmalina, P., Darsono, & Sulistiasih. (2019). Pengaruh penggunaan media manipulatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Jurnal PGSD, 12(2), 133–140, 9, (Online), (https://doi.org/10.33369/pgsd.12.2.133-140).
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran teori dan aplikasi. Yogyakarta: ARRuzz Media.
Susiaty, U. D., & Oktaviana, D. (2018). Desain aplikasi media pembelajaran untuk membantu pemahaman siswa tentang konsep geometri. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(1), 18–26, (Online), (https://doi.org/10.30998/sap.v3i1.2731)
Yeni, E. M. (2011). Pemanfaatan Benda-Benda Manipulatif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pemanfaatan Benda-Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar, (1), 63–75, (Online), (http://jurnal.upi.edu/file/7-Ety_Mukhlesi_Yeni.pdf).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.