PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIF MATERI GEOMETRI PADA GURU SD NEGERI 2 SEBUBUS KECAMATAN PALOH

Authors

  • Marhadi Saputro IKIP PGRI Pontianak
  • Hartono Hartono
  • Wandra Irvandi
  • Nurmaningsih Nurmaningsih
  • Dwi Oktaviana
  • Utin Desi Susiaty
  • Yadi Ardiawan

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1642

Keywords:

media pembelajaran manipulatif, geometri

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mengidentifikasi konsep-konsep matematika terutama geometri yang memerlukan media pembelajaran matematika inovatif untuk memudahkan siswa memahami materi serta meningkatkan pengetahuan guru tentang media pembelajaran matematika yang inovatif dan memiliki kemampuan untuk mengimplementasikannya dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Sebubus Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas dengan sasaran program pelatihan adalah guru matematika dari beberapa sekolah setempat baik tingkat SD, SMP dan SMA yang berjumlah 14 sekolah di Kecamatan Paloh. Langkah yang digunakan dalam pengabdian ini adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan diperoleh bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi guru-guru khususnya guru SD karena guru telah mengidentifikasi konsep matematika sesuai materi yang dibahas, meningkatkan pengetahuan guru tentang penggunaan media dalam pembelajaran yang akan berdampak positif terhadap hasil belajar siswa, motivasi belajar siswa, suasana pembelajaran yang menyenangkan, dan karakter menghargai ilmu matematika

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Marhadi Saputro, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Matematika

References

Aden, C. (2011). Meningkatkan Kemampuan penalaran dan komunikasi matematik melalui model think-pair-share berbantuan geometer’s sketchpad,. Universitas Pendidikan Indonesia.

Fadillah, S., Susiaty, U. D., & Ardiawan, Y. (2017). Pelatihan penggunaan media pembelajaran. GERVASI: Jurnal pengabdian kepada masyarakat, 3(1), 2.

Hartono, Haryadi, R., & Susiaty, U. D. (2019). Pelatihan penggunaan media pembelajaran matematika pada MGMP matematika SMA kabupaten kubu raya. GERVASI: Jurnal pengabdian kepada masyarakat, 3(1), 2.

Herdianti, A., & Dharmayana, I. W. (2017). Penggunaan media manipulatif untuk meningkatkan aktifitas pembelajaran matematika (PTK di Kelas IV A SD Negeri 1 Kota Bengkulu ), 16(2).

Karyanti, T. (2019). Pendidikan anti korupsi berbasis multimedia. Yogyakarta: Deepublish.

Khairani, M., & Febrinal, D. (2016). Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk macromedia flash materi tabung untuk SMP kelas ix. Jurnal Iptek Terapan, 10(2), 95–102, (Online), (https://doi.org/10.22216/jit.2016.v10i2.422)

Kristanti, D. (2014). Meningkatkan pemahaman melalui media manipulatif. 1(2), 1–16.

Latuheru, J. (1988). Media pembelajaran dalam proses belajar masa. Jakarta: Depdikbud.

Mayasari, N., P, N. I., Novianti, D. E., Indriani, A., & Noeruddin, A. (2017). Pemanfaatan media pembelajaran geoboard dalam pembelajaran matematika materi keliling dan luas bangun segi empat dan segitiga. 1(1), 60–65.

Rosmalina, P., Darsono, & Sulistiasih. (2019). Pengaruh penggunaan media manipulatif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Jurnal PGSD, 12(2), 133–140, 9, (Online), (https://doi.org/10.33369/pgsd.12.2.133-140).

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran teori dan aplikasi. Yogyakarta: ARRuzz Media.

Susiaty, U. D., & Oktaviana, D. (2018). Desain aplikasi media pembelajaran untuk membantu pemahaman siswa tentang konsep geometri. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(1), 18–26, (Online), (https://doi.org/10.30998/sap.v3i1.2731)

Yeni, E. M. (2011). Pemanfaatan Benda-Benda Manipulatif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pemanfaatan Benda-Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri Dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar, (1), 63–75, (Online), (http://jurnal.upi.edu/file/7-Ety_Mukhlesi_Yeni.pdf).

Downloads

Published

2020-06-24

How to Cite

Saputro, M., Hartono, H., Irvandi, W., Nurmaningsih, N., Oktaviana, D., Susiaty, U. D., & Ardiawan, Y. (2020). PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIF MATERI GEOMETRI PADA GURU SD NEGERI 2 SEBUBUS KECAMATAN PALOH. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 62–71. https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1642