PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL MENGGUNAKAN WHITEBOARD ANIMATION PADA GURU SMP

Salim Salim, Arvyaty Arvyaty, Kadir Kadir, Muhammad Sudia, Rahmad Prajono, Mursidin T

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi guru melalui pengunaan bahan ajar digital menggunakan Whiteboard Animation pada sekolah mitra. Sasaran program kegiatan pengabdian ini adalah guru SMP di Kota Kendari berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan berupa metode ceramah, tanya jawab, dan simulasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan: (1) para peserta workshop telah memiliki pengetahuan membuat bahan ajar digital menggunakan whiteboard animation, (2) para peserta workshop telah memiliki bahan ajar digital dengan menggunakan whiteboard animation, dan (3) para peserta workshop telah memiliki pengetahuan dalam membuat dan mengembangkan konten bahan ajar digital menggunakan whiteboard animation


Keywords


media pembelajaran, bahan ajar digital, whiteboard animation.

Full Text:

PDF

References


Akbaş, O., & Pektaş, H. M. (2011). The effects of using an interactive whiteboard on the academic achievement of university students. In Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 12(2), 1–19.

Bahadur, G. K., & Oogarah, D. (2013). Intercative whiteboard for primary school in mathematic an effective tool or just another trend?. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT), 9(1), 19-35.

Budiwibowo, S. (2016). Hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar IPS Di SMP Negeri 14 Kota Madiun. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 1(1), 60-68. http://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i1.66.

Fakhrurrazi. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. Jurnal At-Tafkir, 11(1), 85-99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529.

Karina, R.M., Syafrina, A., & Habibah, S. (2017). Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pada kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 61-77.

Koçak, Ö., & Gülcü, A. (2013). Teachers’ remarks on interactive whiteboard with LCD panel technology. International Journal of Education in Mathematics Science and Technology, 1(4), 294-300.

Majid, A. (2011). Perencanaan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Manny-Ikan, E., Dagan, O., Tikochinski, T. B., & Zorman, R. (2011). Using the interactive white board in teaching and learning-an evaluation of the smart classroom pilot project. Interdisciplinary Journal of E-Learning and Learning Objects, 7, 249-273.

Oktavia, S. (2019). Peran perpustakaan dan pustakawan dalam menghadapi generasi digital native. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 81-89, (Online), (http://dx.doi.org/10.17977/um008v3i12019p081).

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352, (Online), (https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945).

Santi, T. (2016). Peran Sosial Perpustakaan di Era Digital Native. Jurnal Iqra’, 10(2), 1-10, (Online), (http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v10i02.533).

Weaver, B. E., & Nilso, L.B. (2005). Notebook in class: what are they good for? what can you do with them?. New Directions in Teaching and Learning, 101, 1-3.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1661

Article Metrics

Abstract view : 68 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Gervasi

LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: gervasi.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN:  2598-6147 | e-ISSN: 2598-6155


VISITOR STATS:

View Stats