PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL MENGGUNAKAN WHITEBOARD ANIMATION PADA GURU SMP

Authors

  • Salim Salim Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Halu Oleo
  • Arvyaty Arvyaty Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Halu Oleo
  • Kadir Kadir Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Sudia Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Halu Oleo
  • Rahmad Prajono Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Halu Oleo
  • Mursidin T Jurusan Pendidikan Sejarah, Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1661

Keywords:

media pembelajaran, bahan ajar digital, whiteboard animation.

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi guru melalui pengunaan bahan ajar digital menggunakan Whiteboard Animation pada sekolah mitra. Sasaran program kegiatan pengabdian ini adalah guru SMP di Kota Kendari berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan berupa metode ceramah, tanya jawab, dan simulasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan: (1) para peserta workshop telah memiliki pengetahuan membuat bahan ajar digital menggunakan whiteboard animation, (2) para peserta workshop telah memiliki bahan ajar digital dengan menggunakan whiteboard animation, dan (3) para peserta workshop telah memiliki pengetahuan dalam membuat dan mengembangkan konten bahan ajar digital menggunakan whiteboard animation

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbaş, O., & Pektaş, H. M. (2011). The effects of using an interactive whiteboard on the academic achievement of university students. In Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 12(2), 1–19.

Bahadur, G. K., & Oogarah, D. (2013). Intercative whiteboard for primary school in mathematic an effective tool or just another trend?. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT), 9(1), 19-35.

Budiwibowo, S. (2016). Hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar IPS Di SMP Negeri 14 Kota Madiun. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 1(1), 60-68. http://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i1.66.

Fakhrurrazi. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. Jurnal At-Tafkir, 11(1), 85-99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529.

Karina, R.M., Syafrina, A., & Habibah, S. (2017). Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pada kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 61-77.

Koçak, Ö., & Gülcü, A. (2013). Teachers’ remarks on interactive whiteboard with LCD panel technology. International Journal of Education in Mathematics Science and Technology, 1(4), 294-300.

Majid, A. (2011). Perencanaan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Manny-Ikan, E., Dagan, O., Tikochinski, T. B., & Zorman, R. (2011). Using the interactive white board in teaching and learning-an evaluation of the smart classroom pilot project. Interdisciplinary Journal of E-Learning and Learning Objects, 7, 249-273.

Oktavia, S. (2019). Peran perpustakaan dan pustakawan dalam menghadapi generasi digital native. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 81-89, (Online), (http://dx.doi.org/10.17977/um008v3i12019p081).

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352, (Online), (https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945).

Santi, T. (2016). Peran Sosial Perpustakaan di Era Digital Native. Jurnal Iqra’, 10(2), 1-10, (Online), (http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v10i02.533).

Weaver, B. E., & Nilso, L.B. (2005). Notebook in class: what are they good for? what can you do with them?. New Directions in Teaching and Learning, 101, 1-3.

Downloads

Published

2020-06-24

How to Cite

Salim, S., Arvyaty, A., Kadir, K., Sudia, M., Prajono, R., & T, M. (2020). PELATIHAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL MENGGUNAKAN WHITEBOARD ANIMATION PADA GURU SMP. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 82–92. https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1661