PELATIHAN E-LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM BAGI GURU MA RADEN FATAH PRAMBANAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1680

Keywords:

e-learning, google classroom, inovasi pembelajaran, merdeka belajar

Abstract

Pendidikan adalah proses untuk meningkatkan kecerdasan siswa. Proses ini menggunakan kegiatan pelatihan dan pengajaran. Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi, proses pelatihan dan pembelajaran menggunakan berbagai metode, salah satunya adalah e-learning. Prosesnya menggunakan internet, yang dapat diakses dan diproses kapan saja dan di mana saja. Proses ini mendukung kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia terkait proses pembelajaran dan mendeka belajar. Proses ini dapat meningkatkan pendidikan aktif, terencana, dan efektif. Selain itu, inovasi layanan dan pembelajaran meningkat sehingga tidak hanya menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk melatih para guru di MA Raden Fatah dalam mengimplementasikan e-learning menggunakan Google Classroom. Metode pelaksanaannya menggunakan teori dan praktik. Hasil dari proses pelatihan dapat memberikan inovasi pembelajaran online dengan Google Classroom, dan kemampuan guru untuk mengimplementasikannya dapat meningkatkan proses belajar mandiri. Para guru dapat melakukan pembelajaran dengan kelas virtual mengikuti kondisi pembelajaran di kelas. Kelas yang dibangun dengan Google Classroom dapat digunakan untuk berbagi materi, memberikan tugas, kuis, menetapkan nilai, dan menjadwalkan kegiatan. Selain itu, proses video conference menyesuaikan jadwal di classroom dan calendar dan kalender menggunakan meet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Efendi, Y., & Utami, N. (2019). Pengukuran efektifitas pembelajaran menggunakan media e-learning google classroom (SMK Sulthan Muazzamsyah Pekanbaru). In Prosiding Seminar Nasional Computation Technology and its Aplication, 1, 24–27.

Gultom, M. U. (2019). Peran teknologi pendidikan dalam mengembangkan dan meningkatkan keprofesionalan pendidikan di era revolusi industri 4.0.

Husna, H., & Pinem, K. (2011). Perbedaan hasil belajar siswa antara pengajaran multimedia dengan pengajaran konvensional pada materi iklim global di kelas X SMA N 1 Seruway Kabupaten Aceh Tamiang TP 2009/2010. Jurnal geografi, 3(2), 83–93.

Irawan, Y., Susanti, N., & Triyanto, W. A. (2015). Analisa dan perancangan sistem pembelajaran online (e-learning) pada smk mambaul falah kudus. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 6(2), 345–352.

Kristiana, A. I. (2014). Model pembelajaran berbasis e-learning dengan authentic assessment pada mata kuliah aljabar linier prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Jember. Kadikma, 5(3).

Lestari, W. P., & Sujarwo, A. (2018). DevOps: disrupsi pengelolaan ict pendidikan tinggi. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Makarim, N. (2019). Pidato mendikbud Nadiem Makarim pada Upacara bendera peringatan hari guru nasional 2019. Kemendikbud. (Online), (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/11/pidato-mendikbud-nadiem-makarim-pada-upacara-bendera-peringatan-hari-guru-nasional-2019).

Maunah, B. (2009). Landasan pendidikan. (C. 1 Ed., Ed.). Yogyakarta: Teras.

Montolalu, A. A. (2015). Peranan pemerintah dalam mewujudkan pendidikan wajib belajar di kecamatan Matuari Kota Bitung1. Jurnal Politico, 4(2).

Setiawan, A., Nurlaela, L., Muslim, S., & Yundra, E. (2019). Pengembangan e learning sebagai media pembelajaran pendidikan vokasi. In Prosiding Seminar Nasional SANTIKA Ke-1 2019 (pp. 52–56).

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 263–278).

Downloads

Published

2020-06-24

How to Cite

Saifullah, S., & Akbar, B. M. (2020). PELATIHAN E-LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM BAGI GURU MA RADEN FATAH PRAMBANAN. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 93–103. https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1680