PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASISKAN KONTEKSTUAL PADA GURU-GURU SMP LUBUK SIKAPING

Authors

  • Hufri Hufri Universitas Negeri Padang
  • Letmi Dwiridal
  • Silvi Yulia Sari

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1699

Keywords:

media interaktif, pembelajaran, kontekstual

Abstract

Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru SMP Lubuk Sikaping dalam mengembangkan media interaktif berbasis kontekstual. Metode yang digunakan terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap observasi, persiapan, pelaksanaan, monitoring. Hasil analisis data dari pretest dan postest, disimpulkan bahwa kegiatan PKM ini telah dapat meningkatkan kemampuan guru-guru IPA SMP Lubuk Sikaping dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Berdasarkan angket yang diberikan pada akhir kegiatan pelatihan, diperoleh hasil bahwa peserta menyatakan kegiatan ini sangat bermanfaat dan berkaitan dengan pembelajaran di sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Puspendik.Kemdikbud. (2017). Laporan hasil UN, (Online),(https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id, diakses 2 Februari 2018).

Al-Tabany, Trianto. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta : Prenadamedia Group.

Muslich, Masnur. (2007). KTSP pembelajaran berbasis ranah dan contextual. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hufri. (2017). Pengembangan bahan ajar fisika berbasiskan kontekstual pada pembelajaran quided inquiry untuk kelas xi SMA/MA, Prosiding Semirata 2017 Bidang MIPA BKS-PTN Wilayah Barat 2. Universitas Jambi, hal. 1312-1321.

Elmande, Yusuf. (2014). Modul komunikasi multimedia. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Downloads

Published

2020-06-24

How to Cite

Hufri, H., Dwiridal, L., & Sari, S. Y. (2020). PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASISKAN KONTEKSTUAL PADA GURU-GURU SMP LUBUK SIKAPING. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 104–115. https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1699