PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASISKAN KONTEKSTUAL PADA GURU-GURU SMP LUBUK SIKAPING

Hufri Hufri, Letmi Dwiridal, Silvi Yulia Sari

Abstract


Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru SMP Lubuk Sikaping dalam mengembangkan media interaktif berbasis kontekstual. Metode yang digunakan terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap observasi, persiapan, pelaksanaan, monitoring. Hasil analisis data dari pretest dan postest, disimpulkan bahwa kegiatan PKM ini telah dapat meningkatkan kemampuan guru-guru IPA SMP Lubuk Sikaping dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Berdasarkan angket yang diberikan pada akhir kegiatan pelatihan, diperoleh hasil bahwa peserta menyatakan kegiatan ini sangat bermanfaat dan berkaitan dengan pembelajaran di sekolah


Keywords


media interaktif, pembelajaran, kontekstual

Full Text:

PDF

References


Puspendik.Kemdikbud. (2017). Laporan hasil UN, (Online),(https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id, diakses 2 Februari 2018).

Al-Tabany, Trianto. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta : Prenadamedia Group.

Muslich, Masnur. (2007). KTSP pembelajaran berbasis ranah dan contextual. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hufri. (2017). Pengembangan bahan ajar fisika berbasiskan kontekstual pada pembelajaran quided inquiry untuk kelas xi SMA/MA, Prosiding Semirata 2017 Bidang MIPA BKS-PTN Wilayah Barat 2. Universitas Jambi, hal. 1312-1321.

Elmande, Yusuf. (2014). Modul komunikasi multimedia. Jakarta: Universitas Mercu Buana.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Gervasi

IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 3
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: gervasi.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN:  2598-6147 | e-ISSN: 2598-6155


VISITOR STATS:

View Stats