PENYULUHAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PERENCANAAN USAHA DI DESA BANI AMAS KECAMATAN BENGKAYANG

Sabinus Beni, Blasius Manggu, Yosua Damas Sadewo

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan di Aula Kantor Desa Bani Amas Kecamatan Bengkayang Kalimantan Barat bagi keluarga pra sejahtera  dan aparatur desa di Desa Bani Amas. Permasalahan utama yang dihadapi oleh mitra adalah kesulitan dalam mengelola keuangan keluarga, tidak adanya pemisahan keuangan untuk konsumsi dan tabungan keluarga serta kesulitan dalam merencanakan usaha yang sesuai dengan kondisi perekonomian mitra. Tujuan kegiatan adalah memberikan edukasi terhadap masyarakat keluarga penerima manfaat program keluarga harapan dalam mengelola keuangan dan menyusun rencana usaha. Metode kegiatan ini adalah dengan kegiatan penyuluhan tatap muka yang dilakukan selama satu hari efektif terbagi dalam empat sesi dan diakhiri dengan sesi tanya jawab dan evaluasi untuk mengetahui hasil kegiatan dalam mengatasi permasalahan mitra. Hasil kegiatan ini berdasarkan evaluasi diketahui bahwa sebanyak 71% atau 45 orang dari 64 orang peserta memahami materi dan siap menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari terutama dengan menabung minimal 10% dari total penghasilan dan ingin membuka kebun, ada yang ingin membuka kebun jagung dan ada yang membuka kebun sayur. Sebanyak 19 orang tidak atau belum memahami, hal tersebut dikarenakan beberapa diantaranya masih ingin berada pada zona nyaman menerima bantuan pemerintah. Komitmen pemerintah Desa Bani Amas pada tahun 2021 untuk menganggarkan dari dana desa untuk kegiatan pemberdayaan pendampingan usaha produktif masyarakat

Keywords


penyuluhan, perencanaan usaha, program keluarga harapanpenyuluhan, perencanaan usaha, program keluarga harapan

Full Text:

PDF

References


Apolius. (2019). Permasalahan penduduk miskin penerima bantuan PKH di Desa Bani Amas. Bengkayang.

Beni, S. (2016). Pengaruh Simpanan dan tunggakan kredit terhadap kesejahteraan anggota credit union (studi kasus koperasi kredit CU Lantang Tipo). Prosiding seminar nasional fe universitas terbuka, VIII (challange and strategy faculty economicsand businessin digital era), 333–339. (Online), (repository.ut.ac.id).

Beni, S. (2017). Buku Pembangunan manusia melalui pendidikan dasar credit union. (Herulono, Ed.) (1st ed.). Jakarta: Mer-C Publishing Jakarta.

Beni, S., & Manggu, B. (2019). Bimbingan teknis pengawasan koperasi se-kabupaten Bengkayang tahun 2019: Manajemen pengawasan koperasi. PengabdianMu, 5(1), 67–71.

Beni, S., Manggu, B., & Sadewo, Y. D. (2019). Cunseling of family financial management literacy program keluarga harapan beneficiaries. Diseminasi, 1(2), 83–88.

Beni, S., Manggu, B., & Sensusiana. (2018). Modal Sosial sebagai suatu aspek dalam rangka pemberdayaan masyarakat. JURKAMI, 3(1), 8–24. (Online), (http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE/article/view/341.

Beni, S., & Rano, G. (2017). Credit Union sebagai penggerak ekonomi masyarakat dayak Kalimantan Barat. Prosiding International Congress I Dayak Culture 1, 1(1), 168–177.

BPS. (2019). Kabupaten Bengkayang dalam angka 2019. (BPS, Ed.) (2019th ed.). Bengkayang: BPS Kabupaten Bengkayang.

Kementerian Sosial, R. (2018). Modul pengelolaan keuangan dan perencanaan usaha. (K. S. R. I. Program Keluarga Harapan, Ed.) (1st ed.). Jakarta: Kementerian Sosial.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/gervasi.v4i1.1748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Gervasi

IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 3
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: gervasi.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN:  2598-6147 | e-ISSN: 2598-6155


VISITOR STATS:

View Stats