SOSIALISASI DAUR ULANG SAMPAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESADARAN LINGKUNGAN PADA MASYARAKAT BANTARAN SUNGAI KAPUAS

Authors

  • Rika Anggela IKIP PGRI PPONTIANAK
  • Rina Rina IKIP PGRI Pontianak
  • Rosanti Rosanti IKIP PGRI Pontianak
  • Eviliyanto Eviliyanto IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i2.1774

Keywords:

Daur Ulang Sampah, Sampah non organik, Bantaran Sungai

Abstract

Tujuan dalam pengabdian masyarakat ini adalah dapat meningkatan kesadaran lingkungan pada masyarakat melalui sosialisasi daur ulang sampah rumah tangga pada masyarakat bantaran Sungai Kapuas di sekitar Gang H. Hasan Pontianak Tenggara. Metode dalam sosialisasi daur ulang sampah sebagai upaya peningkatan kesadaran lingkungan pada masyarakat Bantaran Sungai Kapuas dibagi menjadi 3 (tiga) tahapan yaitu, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi sosialisasi tentang dampak yang ditimbulkan sampah, penyuluhan daur ulang sampah dengan melakukan praktek dalam daur ulang sampah non organik dan kegiatan edukatif-kreatif dalam bentuk perlombaan kreativitas daur ulang sampah. Segala kegiatan yang dilakukan berjalan lancar sesuai dengan target dan luaran yang telah direncanakan. Berdasarkan hasil angket diketahui bahwa kesadaran masyarakat terhadap lingkungan sebelum program pengabdian masuk kriteria Cukup persentase 43.75% dan setelah dilakukan program pengabdian berada pada kriteria Baik dengan persentase 15.6% dari 32 responden. Kegiatan yang dilaksanakan memberi gambaran bahwa kegiatan ini membawa peningkatan kesadaran terhadap lingkungan pada masyarakat meliputi Pengetahuan, sikap dan tindakan terhadap lingkungan khususnya sungai. Program ini juga memberi inspirasi kepada masyarakat bahwa sampah bukan akhir dari efektifitas suatu barang namun dengan daur ulang, sampah dapat menjadi barang yang lebih bernilai kreatif dan ekonomis.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andilala. (2018). Volume sampah Pontianak 400 Ton. Retrieved from Antara News: https://www.antaranews.com/berita/772422/dlh-volume-sampah-di-pontianak-400-ton-sehari

Damanhuri, E., & Padmi, T. (2006). Pengelolaan sampah. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Imaniar, D. (2017). Implementasi pelaksanaan program sosialisasi dan motivasi dalam peningkatan kesadaran kebersihan lingkungan masyarakat. Jurnal ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial, Vol 1.

Riswan, R., Sunoko, H. R., & Hadiyarto, A. (2011). Pengelolaan sampah rumah tangga di kecamatan Daha Selatan. Jurnal Imu Lingkungan, 9(1), 31-38.

Suyoto, B. (2008). Rumah tangga peduli lingkungan. Jakarta: Prima Media.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Anggela, R., Rina, R., Rosanti, R., & Eviliyanto, E. (2020). SOSIALISASI DAUR ULANG SAMPAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESADARAN LINGKUNGAN PADA MASYARAKAT BANTARAN SUNGAI KAPUAS. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i2.1774