WORKSHOP KARYA TULIS ILMIAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK GURU AL-FITYAN SCHOOL KUBU RAYA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i2.1797

Keywords:

workshop, PTK, Al-Fityan

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian adalah untuk meningkatkan: (1) penguasaan guru terhadap materi yang akan diajarkan (content knowledge) di kelas; (2) cara guru mengajarkan materi (pedagogical knowledge); (3) cara guru menerapkan kurikulum 2013 dengan pendekatan tematik dan pendekatan saintifik (curriculum knowledge); (4) cara guru menilai proses dan hasil belajar siswa (assessment knowledge); (5) cara guru melakukan penelitian tindakan kelas hingga pembuatan laporannya (reporting classroom action research). Peserta kegiatan PKM ini adalah guru Al-Fityan School Kubu Raya, yang berjumlah 30 orang. Metode pelaksanaan kegiatan mengadopsi langkah-langkah action research yang terdiri dari 4 (empat) tahapan, yaitu: perencanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat disimpulkan yaitu: (1) kegiatan workshop berjalan sesuai dengan yang direncanakan, respon peserta juga memuaskan terutama pada materi seminar dan workshop, pemateri dan pendamping, serta sarana dan media workshop; (2) kegiatan workshop ini perlu diadakan kembali pada tahap selanjutnya dimana dapat disampaikan mengenai berbagai metode atau media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran, dibuat ruang lingkup peserta lebih kecil sehingga bisa dibimbing secara sistematis dan pemateri ditambah untuk membimbing guru lebih intens, serta media lebih dipersempit bahasannya agar mudah langsung dipahami tapi keseluruhan sudah sangat puas serta langsung dibuat kelompok diskusi/tim-tim dalam pembuatan PTK di tempat langsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimuddin, H., Muchsin, S.B., & Kamaruddin, R. (2018). Pentingnya PTK bagi guru. Jurnal Pengabdian kepada Masyararakat MATAPPA, 1(2), 101-106.

Gunada, I.W., Harjono, A., & Gunawan. (2018). Pelatihan mendesain penelitian tindakan kelas dan pengembangan model dick and carey bagi guru-guru di SMA Negeri 1 Narmada. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyararakat, 1(1), 150-158.

Hamidsyukrie, Z.M., Sukardi., & Suryanti, N.M.N. (2019). Penyusunan proposal penelitian tindakan kelas (ptk) bagi guru-guru MTs dan MA di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(2) 55-57.

Herlandy, P.B., Ismanto, E., Novalia, M., & Alrian, R. (2018). Pelatihan pelaksanaan penelitian tindakan kelas dan teknik publikasi jurnal ilmiah bagi guru SMK Negeri I Rengat. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI. Vol 2, no. 1. Hlm: 38-42.

Jana, P. 2017. Pembinaan olimpiade matematika kelas VA CI SD Negeri Ungaran I Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 1(2), 125–128.

Jana, P., & Pamungkas, B. (2018). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru SD Negeri Guwosari. Jurnal Abdimas Dewantara, 1(1), 1-10.

LPKM. (2017). Buku panduan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat IKIP PGRI Pontianak. Pontianak: LPKM.

Rakhmawati, I. (2017). Pelatihan pembuatan penelitian tindakan kelas pada guru SDN 3 Bolorejo, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung. Jurnal Pengabdian kepada Masyararakat J-ADIMAS, 5(1), 18-25.

Wiganda, S. (2011). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru-guru se-Jakarta Timur. Jurnal Sarwahita, 11(1), 1-7.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Prihatin, I., Darma, Y., Haryadi, R., & Susiaty, U. D. (2020). WORKSHOP KARYA TULIS ILMIAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK GURU AL-FITYAN SCHOOL KUBU RAYA. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 239–249. https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i2.1797