PEMBERDAYAAN SISWA SEKOLAH DASAR UNTUK KONSERVASI MANGROVE DI PESISIR PANTAI KECAMATAN BUNAKEN

Authors

  • Roni Koneri Universitas Sam ratulangi
  • Pience V Maabuat

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i2.1806

Keywords:

Mangrove, keterampilan, Bunaken

Abstract

Hutan mangrove di pesisir Pantai Kecamatan Bunaken merupakan kawasan penyangga Taman Nasional Bunaken dan memiliki peran penting baik dari segi ekologi maupun ekonomi. Kelestarian hutan mangrove pada kawasan ini sangat tergantung kepada masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan mangrove dan beraktivitas di pesisir pantai. Permasalahan di sekitar mitra saat ini adalah banyak aktivitas masyarakat yang menyebabkan terjadinya kerusakan mangrove seperti alih fungsi lahan hutan mangrove menjadi lahan tambak, penambatan perahu, dan pengambilan kayu yang berasal dari hutan mangrove.  Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam konservasi mangrove bagi siswa sekolah dasar, sehingga mitra dapat memberikan informasi kepada masyarakat akan pentingnya konservasi mangrove yang terdapat di Pesisir pantai kecamatan Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif yaitu melalui ceramah, diskusi, praktek lapang, pembinaan, evaluasi, pendampingan dan monitoring. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa berdasarkan perbandingan nilai pretest dan postest terjadi peningkatan nilai postest. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan yang diberikan benar-benar dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam konservasi mangrove.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anthoni, A., Schaduw J.N.M., Sondak, C.F.A. (2017). Persentase tutupan dan struktur komunitas mangrove di sepanjang Pesisir Taman Nasional Bunaken Bagian Utara. Jurnal Pesisir dan Laut Tropis, 2: 13-2.

Bengen, D. G. (2001). Sinopsis ekosistem dan sumberdaya alam pesisir dan laut. Bogor: Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan, Institut Pertanian Bogor.

Bennett, E.L. & Reynolds, C.J. (1993). The value of mangrove area in Sarawak, Biodiversity Conservation, 2: 359-375.

Binawati, D.K., Sagung, A.A, Widyastuty, A., Widyastuti, S., Nurhayati, I. (2015). Konservasi hutan mangrove untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kawasan pesisir di pulau Mengare Kec. Bungah Kab. Gresik Propinsi Jawa Timur. Prosiding Seminar Nasional “research monthâ€2015“ Sinergi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menumbuhkan kapasitas inovasi di bidang teknologi, pertanian, sosial dan ekonomiâ€: 311-319.

Chapman, V.J. (1992). Wet coastal formations of Indo Malesia and Papua-New Guinea, In Chapman, V.J. (ed.), Ecosystems of the World 1: Wet Coastal Ecosystems, Elsevier, Amsterdam.

Hidayati, A., Salawati, T., Istiana, S. (2013). The influence of health education through the methods of lectures and demonstrations in improving knowledge ab out breast cancer and practice skills aware (Study on High School Students Futuhiyyah Mranggen Demak district). Jurnal Kebidanan, 1: 1-8.

Karimah. (2017). Peran ekosistem hutan mangrove sebagai habitat untuk organisme laut. Jurnal Biologi Tropis, 17: 51-67.

Nybakken, J.W. (1993). Marine biology, an ecological approach, 3rd edition. New York: Harper Collins College Publishers.

Sasauw, J., Kusen, J.D., Schaduw, J.N.W. (2016). Struktur komunitas mangrove di Kelurahan Tongkaina Manado. Jurnal Pesisir dan Laut Tropis. 2: 17-22.

Setiawan, M.D., Winarno, K. dan Purnama, P.C. (2003). Ekosistem mangrove di Jawa: Kondisi Terkini, Biodiversitas, 4: 133-145.

Tabba, T., Wahyuni, N.I. dan Mokodompit, H.S. (2015). Komposisi dan struktur vegetasi mangrove Tiwoho II Kawasan Taman Nasional Bunaken, Jurnal Wasian, 2: 95-103.

Takarendehang, R., Sondak, C.F.A., Kaligis, E., Kumampung, D., Manembu, I.S., Rembet, U.N.W.J. (2018). Kondisi ekologi dan nilai manfaat hutan mangrove di Desa Lansa, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Pesisir dan Laut Tropis 2: 45-52.

Tarigan, A.P.S. (2015). Effectiveness of lecture and group discussion methods on the knowledge and attitudes about reproductive health in adolescents at harapan mekar medan education foundation. Jurnal Ilmiah PANNMED (Pharmacist, Analyst, Nurse, Nutrition, Midwivery, Environment, Dentist), 10: 250-258.

Utomo, B., Budiastuti, S. dan Muryanti, C. (2017). Strategi pengelolaan hutan mangrove di Desa Tanggul Tlare Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara, Jurnal Ilmu Lingkungan, 15: 117-123.

Zainuri1, A.C., Takwanto, A. dan Syarifuddin, A. (2017). Konservasi ekologi hutan mangrove di Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo, Jurnal Dedikasi, 1:1-7.

Downloads

Published

2021-01-04

How to Cite

Koneri, R., & Maabuat, P. V. (2021). PEMBERDAYAAN SISWA SEKOLAH DASAR UNTUK KONSERVASI MANGROVE DI PESISIR PANTAI KECAMATAN BUNAKEN. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 250–262. https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i2.1806