PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN DI MADRASAH ALIYAH SIRAJUL ULUM KOTA PONTIANAK

Authors

  • Mai Yuliastri Simarmata IKIP PGRI POntianak
  • Rini Agustina
  • Dewi Leni Mastuti
  • Mesterianti Hartati
  • Dini Hajjafiani

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i2.1830

Keywords:

Kata Kunci, Pantun, Menulis, pembelajaran

Abstract

Kegiatan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat berawal dari keluhan guru yang menyatakan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia aspek keterampilan menulis pantun sangat tidak disukai oleh siswa-siswinya. Hal ini terbukti dari tugas yang diberikan. Siswa sama sekali tidak paham cara menulis pantun. Berawal dari hasil observasi dan wawancara dari guru bidang studi, tim pelaksana mengadakan workshop secara daring yang bertujuan (1) siswa dapat menentukan syarat-syarat pantun, (2) siswa dapat menentukan jenis-jenis pantun, (3) siswa dapat menulis pantun sesuai dengan jenis pantun. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini ceramah melalui daring. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa siswa sangat antutias mengikuti kegiatan secara daring terlihat dari nilai menulis pantun meningkat sebanyak 80%

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mai Yuliastri Simarmata, IKIP PGRI POntianak

-

References

Amir, A. (2013). Sastra Lisan Indonesia. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Santoso, J. (2013). Pantun puisi lama melayu dan peribahasa Indonesia. Yogyakarta: Araska.

Suseno, T. (2010). Mari berpantun. Depok: Yayasan Panggung Melayu.

Utami. (2013). Sastra lisan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Simarmata, M. Y., Agustina, R., Mastuti, D. L., Hartati, M., & Hajjafiani, D. (2020). PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN DI MADRASAH ALIYAH SIRAJUL ULUM KOTA PONTIANAK. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 186–191. https://doi.org/10.31571/gervasi.v4i2.1830