PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBUATAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI DESA SUNGAI BARU KECAMATAN TELUK KERAMAT SAMBAS

Hemafitria Hemafitria, Erna Octavia

Abstract


Bahan ajar adalah seperangkat sarana atau alat pembelajaran yang berisikan materi pembelajaran, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang didesain secara sistematis dan menarik dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu mencapai kompetensi atau subkompetensi dengan segala kompleksitasnya. PKM ini dapat diselenggarakan dengan baik yang ditandai dengan dihasilkannya bahan ajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sesuai dengan kriteria yang benar, diperoleh bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa,  guru tidak lagi tergantung kepada buku teks yang terkadang sulit untuk diperoleh,  bahan ajar menjadi labih kaya karena dikembangkan dengan menggunakan berbagai referensi, menambah khasanah pengetahuan dan pengalaman guru dalam menulis bahan ajar dan bahan ajar akan mampu membangun komunikasi pembelajaran yang efektif antara guru dengan siswa karena siswa akan merasa lebih percaya kepada gurunya.  Dengan tersedianya bahan ajar yang bervariasi, maka  pembelajaran  akan mendapatkan manfaat yaitu, kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik.


Keywords


Bahan ajar, Pendidikan kewarganegaraan

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2008. Panduan pemgembangan bahan ajar. (Online) tersedia di http://smpn1pasarkemis.files.wordpress.com diakses pada tanggal 21 Maret 2008.

Daryanto. (2014). Pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Jakarta: Gaya Media,.

Prastowo, A. (2012). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogjakarta: Diva Press.

Risma. (2014). Mengembangkan bahan ajar dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (ips) di SD. Jurnal Kewarganegaraan, 23(2).

Sholeh. (2011). Metode edutainment: menjadikan siswa kreatif dan nyaman di kelas. Yogyakarta: Diva Press.

Zuriah, Sunaryo, & Yusuf. (2016). IbM guru dalam pengembangan bahan ajar kreatif inovatif berbasis potensi lokal. Jurnal Dedikasi, 13(1), 693-3214.




DOI: http://dx.doi.org/10.31571/gervasi.v4i2.1909

Article Metrics

Abstract view : 26 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: gervasi.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN:  2598-6147 | e-ISSN: 2598-6155


VISITOR STATS:

View Stats