PENDAMPINGAN PENERAPAN BRANDING PADA USAHA MIKRO, KECIL, MENENGAH RUMAH MAKAN ABUN DI KABUPATEN BENGKAYANG
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v5i2.2120Keywords:
branding, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), warung makan AbunAbstract
Sebuah merek atau brand yang diterapkan pada suatu usaha, maka akan dapat mempermudah konsumen dalam mengenal suatu produk. Namun hal tersebut belum terjadi di salah satu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Bengkayang, yakni UMKM warung makan Abun. Melalui program pengabdian masyarakat yang dilakukan, UMKM warung makan Abun akan didampingi dalam penerapan branding didalam usahanya. Tujuan dari branding tersebut adalah untuk memberikan brand atau merek kepada warung makan Abun supaya produk-produknya dapat lebih dikenal masyrakat. Pelaksanaan program pengabdian masyarakat dilakukan melalui empat tahap, yakni tahap diskusi, desain branding, penerapan, serta tahap evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat berjalan dengan baik hingga selesai dan mendapat apresiasi yang baik dari peserta. Penerapan branding di warung makan Abun berhasil dengan luaran yang dihasilkan berupa merek atau logo untuk rumah makan Abun, serta kelengkapan di rumah makan Abun.
Downloads
References
Adiningsih, S. (2011). Regulasi dalam revitalisasi usaha kecil dan menengah di indonesia. (Online), tersedia di http://journal.uii.ac.id/index.php/inovasi_kewirausahaan/article/viewFile/2829/2583.
Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan (6) 1, 660-669.
BPS, Badan Pusat Statistik Jakarta. (2006). Pendataan sosial ekonomi tahun 2005. Jakarta Pusat: Badan Pusat Statistik.
Christianingrum, Saputra, D., Yusuf, & Ulyana, D. (2021). Pelatihan pembuatan design logo sebagai upaya menanamkan kesadaran merek bagi pelaku umkm di kecamatan air itam. IKRA-ITH ABDIMAS, 4(1), 74-80.
Kartajaya, H., Yuswohady, Mussry, J., & Taufik. (2004). Positioning, diferensiasi dan brand. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Nugraha, H. S., Ariyanti, F., & Darwanto. (2017). Penerapan branding pada ukm makanan ringan di kabupaten jepara. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1), 1623.
Polandos, P. M., Engka, D. S., & Tolosang, K. D. (2019). Analisis pengaruh modal, lama usaha, dan jumlah tenaga kerja terhadap pendapatan usaha mikro kecil dan menengah di kecamatan langowan timur. Jurnal Berkala ilmiah efisiensi 19 (4), 36-47.
Puspitasari, V., Rachmawati, D., & Shelfina, C. (2019). Implementasi sistem pengendalian manajemen pada UMKM Batik Lasem. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 15(1), 29-43.
Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Dimmera, B. G. (2019). Pendidikan kewirausahaan berbasis ketahanan nasional dan budaya amare. Makassar: Tohar Media.
Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., & Dimmera, B. G. (2020). Development of entrepreneurship education teaching material based on the national resilience and amare culture. Journal of Education, Teaching and Learning, 5(1), 41-45.
Safitri, E. M. (2020). Analisis penerapan pencatatan laporan keuangan pada umkm. Jurnal Akuntansi dan Audit Syariah (JAAiS), 1(1), 54-61.
Saliman. (2005). Dampak krisis terhadap ketenagakerjaan indonesia. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 2(1), 74-87.
Shimp, T. A. (2007). Advertising, promotion, and other aspects of integrated marketing communications, 7th edition. Natorp Boulevard Mason, USA: Thomson Higher Education.
Sunariani, N. N., Suryadinatha, A. O., & Mahaputra, I. I. (2017). Pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) melalui program binaan di provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 221-236.
Tambunan, T. (2011). Perekonomian indonesia: kaian teoritis dan analisis empiris. Bogor: Ghalia Indonesia.
Wheeler, A. (2018). Designing brand identity: an essential guide for the whole branding team. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.