Pelatihan Penerapan E-Learning dan Blended Learning untuk Pendidik dan Calon Pendidik

Authors

  • Febrianto Sabirin IKIP PGRI Pontianak
  • Dewi Sulistiyarini IKIP PGRI Pontianak
  • Dochi Ramadhani IKIP PGRI Pontianak
  • Winna Dharmayanti IKIP PGRI Pontianak
  • Sri Koriaty IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v5i1.2166

Keywords:

e-learning, blended learning

Abstract

  Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dan mahasiswa keguruan dalam melakukan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi saat ini. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Peserta kegiatan berjumlah 118 orang yang terdiri dari guru, dosen, dan mahasiswa yang berada di seluruh Indonesia. Tahapan pelaksanaan yaitu tahap sosialisasi dan tahap pelatihan. Tahap sosialisasi yaitu pemaparan materi e-learning dan blended learning, dan tahap pelatihan yaitu memberikan pemahaman cara membuat atau menggunakan elearning maupun blended learning dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan pengabdian berlangsung baik dan lancar, peserta sangat senang dan antusias. Untuk mengetahui respon peserta kegiatan pengabdian diberikan angket kuesioner. Berdasarkan angket tersebut diketahui bahwa 42.09% peserta sangat setuju bahwa kegiatan pengabdian sangat membantu dalam memahami penggunaan e-learning dan blended learning, 57.24% setuju dan 0.67% kurang setuju.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Febrianto Sabirin, IKIP PGRI Pontianak

    Fast traslate Icon translate

Dewi Sulistiyarini, IKIP PGRI Pontianak

    Fast traslate Icon translate

Dochi Ramadhani, IKIP PGRI Pontianak

    Fast traslate Icon translate

Winna Dharmayanti, IKIP PGRI Pontianak

    Fast traslate Icon translate

Sri Koriaty, IKIP PGRI Pontianak

    Fast traslate Icon translate

Downloads

Published

2021-05-02

How to Cite

Sabirin, F., Sulistiyarini, D., Ramadhani, D., Dharmayanti, W., & Koriaty, S. (2021). Pelatihan Penerapan E-Learning dan Blended Learning untuk Pendidik dan Calon Pendidik. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 137–145. https://doi.org/10.31571/gervasi.v5i1.2166