Meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa dan siswi SMPN 7 Purwokerto melalui kegiatan literasi Bahasa Inggris

Authors

  • Mia Fitria Agustina Sastra Inggris, FIB, Universitas Jenderal Soedirman
  • Dian Adiarti
  • Ririn Kurnia Trisnawati

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v5i3.2197

Keywords:

menulis, membaca, literasi, buku berlevel

Abstract

Generasi milenial membutuhkan Bahasa Inggris karena batas-batas antar negara tidak terlihat lagi. Hal ini membuat kita harus mampu melakukan komunikasi dengan menggunakan Bahasa internasional, dan Bahasa Inggris salah satunya. Namun, dampak penerapan kurikulum 2013 tentang berkurangnya jumlah jam beberapa mata pelajaran termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris membuat usaha untuk mempelajari Bahasa tersebut berkurang. Karena itu perlu strategi untuk memudahkan mengusai bahasa tersebut. Fokus pada keterampilan-keterampilan bahasa seperti berbicara, menulis, mendengar dan membaca adalah salah satu caranya. Melihat kompleknya permasalahan penguasaan bahasa ini, siswa SMPN 7 Purwokerto membutuhkan bantuan untuk mengusai Bahasa Inggris. Bantuan ini sifatanya hanya sementara karena setelah itu diharapkan para siswa dapat mandiri melakukan usaha-usaha untuk meningkatkan keterampilan bahasanya. Hal-hal inilah yang menjadi fokus pengabdian masyarakat dosen-dosen FIB Unsoed. Kelas-kelas formal yang tidak dapat memberikan porsi peningkatan kompetensi menulis menjadi latar belakang utama dilakukan pengabdian ini. Sehingga tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis melalui kegiatan literasi berbahasa Inggris. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi dan workshop. Hasil pengabdian berupa 1 buku kumpulan cerita pendek dengan 18 cerita didalamnya menjadi bukti keberhasilan pengabdian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mia Fitria Agustina, Sastra Inggris, FIB, Universitas Jenderal Soedirman

Pengabdi yang memfokuskan diri pada literasi (membaca dan menulis) menggunakan media bahasa Inggris

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Agustina, M. F., Adiarti, D., & Trisnawati, R. K. (2021). Meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa dan siswi SMPN 7 Purwokerto melalui kegiatan literasi Bahasa Inggris. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 322–335. https://doi.org/10.31571/gervasi.v5i3.2197