Pelatihan keterampilan Bahasa Inggris melalui metode pembelajaran Oral Questioning In Student’s First Language (OQ1L)

Authors

  • Tarmizi Rasul Universitas Indraprasta PGRI
  • Riyanto Riyanto
  • Ahmad Kosasih

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v5i3.2288

Keywords:

RPTRA, OQ1L, fokus, berpikir

Abstract

Pelatihan dengan tujuan menyukseskan gerakan Kota Layak Anak (KLA), kerja sama RPTRA DKI dan berbagai instansi terkait termasuk kampus, menjadi salah satu program yang dicanangkan Pemerintah Daerah DKI Jakarta. Gerakan KLA di antaranya dengan memberikan berbagai layanan aktivitas sosial anak dan masyarakat seperti: kegiatan pra-sekolah, pencak silat, menari, bola basket, terapi untuk segala usia, joging track, kolam gizi, kebun sayur, rumah bibit serta bank sampah. Berdasar kebutuhan kegiatan di atas, pelaksana pengabdian kepada masyarakat menawarkan salah satu kerja samanya dalam bentuk pelatihan bahasa Inggris untuk anak. Hal ini di karenakan RPTRA Jagakarsa tidak memiliki guru bahasa Inggris sehingga kehadiran anggota PKM yang menawarkan pembelajaran bahasa Inggris disambut dengan baik. Metode yang dilakukan dalam PKM ini adalah dengan model pendidikan dan latihan bahasa Inggris kepada anak dengan menggunakan metode OQ1L. Metode Oral Questioning in Students’ First Language (L1) atau OQ1L merupakan metode pembelajaran bahasa Inggris yang menekankan pada pembiasaan peserta didik untuk berpikir sebelum berbicara serta fokus pada apa yang sudah dibicarakan. Dengan demikian peserta didik menjadi lebih fokus dalam berpikir sehingga berpengaruh pada peningkatan pelajaran lainnya di sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tarmizi Rasul, Universitas Indraprasta PGRI

Program Studi Pendidikan Sejarah

Fakultas IPPS - Universitas Indraprasta PGRI

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Rasul, T., Riyanto, R., & Kosasih, A. (2021). Pelatihan keterampilan Bahasa Inggris melalui metode pembelajaran Oral Questioning In Student’s First Language (OQ1L). GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 358–372. https://doi.org/10.31571/gervasi.v5i3.2288