PELATIHAN ENGLISH FOR MARKETING PADA KELOMPOK P3MM DESA PAL IX KABUPATEN KUBU RAYA

Citra Kusumaningsih, Elly Syahadati, Elly Susanti, Tri Kurniawati

Abstract


Para pelaku bisnis yang siap menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) atau pasar bebas ASEAN dituntut mampu berkolaborasi, berkomunikasi, dan berpikir kreatif seperti yang diharapkan sebuah negara, yakni pelatihan English for Marketing yang menekankan pada proses pengenalan ungkapan bermakna melalui kegiatan eksplorasi aktif yang dilakukan oleh para peserta yakni kelompok pengusaha makanan dan minuman (P3MM) terhadap permasalahan yang dihadapi pada bisnis mereka. Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memperkaya kosakata mengenai marketing dalam bahasa Inggris dan untuk meningkatkan kemampuan peserta pelatihan dalam berbicara ungkapan-ungkapan mengenai marketing dalam bahasa Inggris. Pelatihan dilakukan menggunakan metode project based learning yang diawali dengan kegiatan pemberian informasi mengenai  dengan English slogan/taglines dan speaking performance tentang produk yang dijual  sesuai dengan gramatika ucapan bahasa inggris dan juga memberikan contoh teks teks bahasa Inggris tentang transaksi jual beli produk P3MM. Para peserta menyimak dan menirukan bagaimana mendesain English slogan/taglines yang menarik, berlatih menggunakan ungkapan bahasa inggris mengenai produk yang dijual. Satu per satu peserta pelatihan melakukan presentasi mempromosikan produknya secara individu serta berdialog jual beli dalam bahasa Inggris. Selama pelatihan peserta diberikan contoh, komentar, saran, dan pembetulan ucapan, gramatika, intonasi secara tepat, yang kemudian diakhiri dengan pemberian tes tertulis kosakata dalam bentuk pilihan ganda dan praktik dalam bentuk speaking performance tagline produk dan pengisian angket kuisioner . Pelatihan English for marketing ini berharap akan pelaku UMKM khususnya kelompok P3MM Desa pal IX Kabupaten Kubu Raya diharapkan mampu mempromosikan maupun memasarkan produk, dan bertransaksi jual beli berbahasa Inggris baik dalam pameran maupun transaksi secara online ke berbagai negara. Setelah dilaksanakan pelatihan ini para pelaku usaha P3MM lebih percaya diri mempresentasikan produk mereka yang sudah memiliki slogan/taglines berbahasa Inggris dan berkomunikasi kepada orang lain dalam bahasa Inggris.

Keywords


English for Marketing, P3MM

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31571/gervasi.v5i2.2332

Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: gervasi.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN:  2598-6147 | e-ISSN: 2598-6155


VISITOR STATS:

View Stats