PENDAMPINGAN MENULIS RESENSI NOVEL SEBAGAI UPAYA GERAKAN LITERASI CERDAS DI SMPN 6 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA

Authors

  • Lizawati Lizawati IKIP PGRI Pontianak
  • Sri Kusnita
  • Herlina Herlina
  • Muhammad Lahir
  • Fitri Wulansari
  • Indriyana Uli
  • Elva Sulastriana
  • Netti Yuniarti
  • Try Hariadi

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v5i2.2421

Keywords:

pendampingan, menulis resensi novel, gerakan literasi cerdas

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk pendampingan penulisan resensi novel oleh siswa di SMPN 6 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya sekaligus sebagai salah satu upaya gerakan literasi cerdas. Upaya ini perlu dilakukan karena kenyataan yang terjadi selama ini memperlihatan fakta bahwa kemampuan apresiasi peserta didik masih jauh dari yang diharapkan. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam melalui tiga tahapan. Tahap pertama yaitu persiapan, dilakukan dengan cara menganalisis permasalahan yang ada. Tahap kedua, yaitu  pelaksanaan program dan tahap ketiga yaitu evaluasi. Tahap evaluasi ini dilakukan untuk melihat ketercapaian target luaran pengabdian. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan apresiasi karya sastra siswa mulai membaik. Hal ini ditunjukkan dengan semangat siswa dalam menulis resensi novel. Selain itu, apresiasiasi siswa terhadap karya sastra akan tumbuh jika sekolah menggalaknya pentingnya membangun generasi literasi cerdas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-08

How to Cite

Lizawati, L., Kusnita, S., Herlina, H., Lahir, M., Wulansari, F., Uli, I., … Hariadi, T. (2021). PENDAMPINGAN MENULIS RESENSI NOVEL SEBAGAI UPAYA GERAKAN LITERASI CERDAS DI SMPN 6 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 293–300. https://doi.org/10.31571/gervasi.v5i2.2421