Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil Kelompok PKK Desa Pesanggrahan

Authors

  • Desrina Yusi Irawati Universitas Katolik Darma Cendika
  • Nany Suryawati Universitas Katolik Darma Cendika
  • Lasman Parulian Purba Universitas Katolik Darma Cendika
  • Theresia Meliana Mystica Ave Universitas Katolik Darma Cendika

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i1.3088

Abstract

Ibu-ibu PKK desa Pesanggrahan memiliki kegiatan ekonomi mandiri berupa memproduksi makanan ringan. Namun dalam kenyataannya usaha tersebut menghadapi beberapa permasalahan, yaitu kemasan produk tanpa label dan pemasaran dilakukan secara offline. Dari permasalahan tersebut, solusi yang ditawarkan adalah memberikan penyuluhan dan melakukan desain kemasan label. Penyuluhan berisi pembahasan tentang perencanaan produksi, strategi pemasaran, dan cara membuat akun bisnis. Kegiatan pengabdian ini melalui beberapa tahap yaitu tahap identifikasi masalah, pelaksanaan kegiatan, monitoring dan evaluasi. Hasil yang dirasakan ibu-ibu PKK dari penyuluhan dan desain kemasan adalah menambah keyakinan ibu-ibu untuk merintis usaha, membuka wawasan bahwa media sosial dapat dimanfaatkan untuk kegiatan jual beli, menularkan kegiatan positif kepada ibu-ibu PKK lainnya, dan kemasan memiliki desain label yang menarik. Realisasi ketercapaian dari kegiatan penyuluhan adalah 80%, dan desain label kemasan adalah 90%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Desrina Yusi Irawati, Universitas Katolik Darma Cendika

Program Studi Teknik Indsutri

Fakultas Teknik

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Irawati, D. Y., Suryawati, N., Purba, L. P., & Ave, T. M. M. (2022). Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil Kelompok PKK Desa Pesanggrahan. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 145–155. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i1.3088