Peningkatan Kemampuan TOEFL Listening Comprehension pada Siswa SMAS Tunas Bangsa Bintan
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i1.3098Keywords:
Listening, TOEFL, ScoreAbstract
Kegiatan Pengabdian terlaksana sebagai bagian dari rangkaian kerja sama yang telah dijalin bersama pihak sekolah. Universitas Pelita Harapan sebagai pelaksana kegiatan mengadakan pelatihan secara daring melalui media Zoom kepada 39 siswa SMA Tunas Bangsa Bintan. Kegiatan bertujuan untuk membedah strategi mendengarkan dan menjawab soal listening pada TOEFL dengan tepat dan efektif. Kegiatan terdiri dari 2 sesi penyampaian materi dan materi yang disampaikan disusun berdasarkan hasil pre-test terpisah yang dilaksanakan sebelum kegiatan penyampaian materi. Pelaksanaan penyampaian materi didesain dalam bentuk kelas/tutorial yang berlangsung selama 90 menit selama 2 kali pertemuan. Hasil dari post-test dan evaluasi kegiatan menunjukkan peningkatan pada hasil tes listening comprehension para siswa. Siswa merasa puas akan penyampaian materi dan metode yang digunakan. Kegiatan yang sama di masa depan dengan materi yang berbeda diharapkan akan lebih banyak dilaksanakan di masa depan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.