Peningkatan Kemampuan TOEFL Listening Comprehension pada Siswa SMAS Tunas Bangsa Bintan

Authors

  • Komilie Situmorang Universitas Pelita Harapan
  • Santa Maya Pramusita
  • Dwi Yulianto Nugroho

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i1.3098

Keywords:

Listening, TOEFL, Score

Abstract

Kegiatan Pengabdian terlaksana sebagai bagian dari rangkaian kerja sama yang telah dijalin bersama pihak sekolah. Universitas Pelita Harapan sebagai pelaksana kegiatan mengadakan pelatihan secara daring melalui media Zoom kepada 39 siswa SMA Tunas Bangsa Bintan. Kegiatan bertujuan untuk membedah strategi mendengarkan dan menjawab soal listening pada TOEFL dengan tepat dan efektif. Kegiatan terdiri dari 2 sesi penyampaian materi dan materi yang disampaikan disusun berdasarkan hasil pre-test terpisah yang dilaksanakan sebelum kegiatan penyampaian materi. Pelaksanaan penyampaian materi didesain dalam bentuk kelas/tutorial yang berlangsung selama 90 menit selama 2 kali pertemuan. Hasil dari post-test dan evaluasi kegiatan menunjukkan peningkatan pada hasil tes listening comprehension para siswa. Siswa merasa puas akan penyampaian materi dan metode yang digunakan. Kegiatan yang sama di masa depan dengan materi yang berbeda diharapkan akan lebih banyak dilaksanakan di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Situmorang, K., Pramusita, S. M., & Nugroho, D. Y. (2022). Peningkatan Kemampuan TOEFL Listening Comprehension pada Siswa SMAS Tunas Bangsa Bintan. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 164–171. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i1.3098