Scholarly Text Writing Workshop: The Investigation of Cognitive Processes in Writing Article

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i1.3113

Keywords:

scholarly text, cognitive process, writing article

Abstract

Pelaksanaan pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui proses kognitif dalam menulis artikel setelah diberikan pelatihan menulis artikel yang layak terbit dalam jurnal internasional terindeks database bereputasi. Metode pengabdian yaitu metode pelatihan. Peserta diberikan pelatihan menulis artikel dan diakhiri dengan evaluasi berupa pengukuran proses kognitif peserta workshop dalam menulis artikel. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa proses kognitif peserta dalam menulis artikel tergolong sangat baik dengan persentase 85.44%. Artinya, peserta dapat merencanakan tulisan, menulis, dan mengevaluasi tulisan hingga layak diterbitkan sesuai dengan template jurnal yang dituju. Sementara itu, sekitar 15% peserta masih memerlukan pendampingan intensif dalam menulis artikel. Pada tahap perencanaan, peserta menyediakan bahan-bahan tulisan yang sesuai dengan topik kajian, tetapi tidak berupaya membandingkan berbagai sumber yang sesuai dengan topik dan mengembangkan kerangka tulisan. Artinya, perencanaan yang dilakukan dalam menulis masih memerlukan perhatian oleh peserta workshop. Dalam hal mengembangkan gagasan pada tahap penerjemahan, peserta memahami dengan baik sistematika penulisan artikel tetapi tidak mampu menyajikan artikel yang memenuhi standar jurnal yang dituju dan rentan mengalami penolakan oleh jurnal tersebut. Kelemahan peserta pada umumnya terletak pada penyajian paragraf yang koheren. Paragraf yang tidak koheren mengakibatkan informasi yang disajikan sehubungan dengan topik tidak dapat dipahami dengan baik oleh pembaca. Hal ini juga disebabkan oleh peserta tidak melakukan proses peninjauan kembali secara maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Ramadhanti, D., & Yanda, D. P. (2022). Scholarly Text Writing Workshop: The Investigation of Cognitive Processes in Writing Article. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 172–187. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i1.3113