Pengembangan Kawasan Desa Wisata Selotapak melalui Digital Branding guna Meningkatkan Mutu Media Promosi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3235

Keywords:

digital branding, peningkatan mutu, pengembangan kawasan desa

Abstract

Pengembangan kawasan desa melalui digital branding merupakan kegiatan yang dapat meningkatkan pertumbuhan kawasan wisata desa serta menambah pengetahuan masyarakat akan pentingnya media sosial sebagai sarana media promosi. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini  adalah untuk menyebarluaskan informasi desa wisata Selotapak guna meningkatkan promosi melalui digital branding. Metode penyelesaian masalah yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini berupa sosialisasi dan pelatihan yang terdiri dari sosialisasi tentang cara melakukan digital branding yang baik, dengan menggunakan media sosial (Instagram dan TikTok), melakukan pendampingan dengan mengimplementasikan pada setiap kegiatan seperti  pengecekan perkembangan media sosial cafe pondok sawah secara berkala, monitoring daya tarik wisatawan di setiap harinya, dan kegiatan lainnya. Evaluasi tingkat keberhasilan program, diukur berdasarkan hasil angket yang diberikan sebelum dan sesudah kegiatan pengabdian. Hasil dari kegiatan pengabdian ini memberikan manfaat kepada kawasan Desa, dengan memberikan pemahaman terkait digital branding agar lebih mengenalkan kawasan Desa, dan menarik jumlah pengunjung. Selain itu, kegiatan pengabdian ini dapat menjadi bentuk partisipasi dalam memajukan dan meningkatkan mutu kawasan desa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Murry Darmoko, Universitas Bhayangkara Surabaya

Ilmu Hukum, Fakultas Hukum

Anastyasia Yunita, Universitas Bhayangkara Surabaya

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Dythalia Ramadhanti, Universitas Bhayangkara Surabaya

Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Darmoko, M., Yunita, A., & Ramadhanti, D. (2022). Pengembangan Kawasan Desa Wisata Selotapak melalui Digital Branding guna Meningkatkan Mutu Media Promosi. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 301–313. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3235