Pembuatan Konten dan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Produk UMKM Kecamatan Danau Teluk
Abstract
Kerupuk ikan Mursida dan kelompok usaha bersama (KUB) Mayang Mangurai merupakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kota Jambi tepatnya di Kecamatan Danau Teluk. Kedua UMKM memiliki kendala jangkauan pemasaran produk yang masih sebatas ruang lingkup Kota Jambi, belum memiliki media sosial sebagai media promosi produk, dan belum memiliki pemahaman dan keterampilan dalam membuat konten iklan digital marketing. Berdasarkan permasalahan tersebut, kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini melakukan upaya untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM tersebut melalui pelatihan digital marketing, pembuatan konten iklan, perbaikan desain label dan kemasan produk. Kegiatan PPM ini diikuti oleh 10 orang peserta yang berasal dari kedua UMKM tersebut dan dilaksanakan dalam 3 tahap kegiatan yaitu pra kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah terciptanya desain label produk dan kemasan yang telah diperbarui, video iklan digital, serta keterampilan mitra dalam membuat konten digital marketing. Realisasi ketercapaian dari kegiatan knowledge sharing digital marketing adalah 82%, memiliki desain label kemasan adalah 100%, dan membuat konten iklan digital adalah 90%.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3237
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: gervasi.ikippgriptk@gmail.com
p-ISSN: 2598-6147 | e-ISSN: 2598-6155
VISITOR STATS: