Pembuatan Konten dan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Produk UMKM Kecamatan Danau Teluk
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3237Keywords:
digital marketing, iklan, kerupuk ikanAbstract
Kerupuk ikan Mursida dan kelompok usaha bersama (KUB) Mayang Mangurai merupakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kota Jambi tepatnya di Kecamatan Danau Teluk. Kedua UMKM memiliki kendala jangkauan pemasaran produk yang masih sebatas ruang lingkup Kota Jambi, belum memiliki media sosial sebagai media promosi produk, dan belum memiliki pemahaman dan keterampilan dalam membuat konten iklan digital marketing. Berdasarkan permasalahan tersebut, kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini melakukan upaya untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM tersebut melalui pelatihan digital marketing, pembuatan konten iklan, perbaikan desain label dan kemasan produk. Kegiatan PPM ini diikuti oleh 10 orang peserta yang berasal dari kedua UMKM tersebut dan dilaksanakan dalam 3 tahap kegiatan yaitu pra kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah terciptanya desain label produk dan kemasan yang telah diperbarui, video iklan digital, serta keterampilan mitra dalam membuat konten digital marketing. Realisasi ketercapaian dari kegiatan knowledge sharing digital marketing adalah 82%, memiliki desain label kemasan adalah 100%, dan membuat konten iklan digital adalah 90%.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.