Pembuatan Konten dan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Produk UMKM Kecamatan Danau Teluk

Authors

  • Ulfa Khaira Universitas Jambi
  • Tri Suratno Universitas Jambi
  • Yolla Noverina Universitas Jambi
  • Zainil Abidin Universitas Jambi
  • Benedika Ferdian Hutabarat Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3237

Keywords:

digital marketing, iklan, kerupuk ikan

Abstract

Kerupuk ikan Mursida dan kelompok usaha bersama (KUB) Mayang Mangurai merupakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kota Jambi tepatnya di Kecamatan Danau Teluk. Kedua UMKM memiliki kendala jangkauan pemasaran produk yang masih sebatas ruang lingkup Kota Jambi, belum memiliki media sosial sebagai media promosi produk, dan belum memiliki pemahaman dan keterampilan dalam membuat konten iklan digital marketing. Berdasarkan permasalahan tersebut, kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini melakukan upaya untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM tersebut melalui pelatihan digital marketing, pembuatan konten iklan, perbaikan desain label dan kemasan produk. Kegiatan PPM ini diikuti oleh 10 orang peserta yang berasal dari kedua UMKM tersebut dan dilaksanakan dalam 3 tahap kegiatan yaitu pra kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah terciptanya desain label produk dan kemasan yang telah diperbarui, video iklan digital, serta keterampilan mitra dalam membuat konten digital marketing. Realisasi ketercapaian dari kegiatan knowledge sharing digital marketing adalah 82%, memiliki desain label kemasan adalah 100%, dan membuat konten iklan digital adalah 90%.


Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Khaira, U., Suratno, T., Noverina, Y., Abidin, Z., & Hutabarat, B. F. (2022). Pembuatan Konten dan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Produk UMKM Kecamatan Danau Teluk. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 314–326. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3237