Gerakan Terbit Sastra di SMP Negeri 18 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya
Abstract
Gerakan terbit sastra bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami karya sastra. Gerakan terbit sastra dilakukan di SMP N 18 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Pengabdian ini dilakukan melalui tiga tahapan. Tahap pertama yaitu persiapan, dilakukan dengan cara menganalisis permasalahan yang ada. Tahap kedua, yaitu pelaksanaan program dan tahap ketiga yaitu evaluasi. Tahap evaluasi ini dilakukan untuk melihat ketercapaian target luaran pengabdian. Adapun bentuk kegiatan gerakan terbit sastra di SMPN 18 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya berupa seminar pengetahuan dan pemanfaatan karya sastra dalam kegiatan sehari-hari, pelatihan dan pendampingan pemanfaatan penulisan karya sastra, dan penyediaan akses dalam menerbitkan karya sastra. Hasil gerakan terbit sastra di SMPN 18 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya berupa peningkatan pengetahuan terhadap karya sastra, peningkatan minat menulis karya sastra, dan terbitnya hasil karya sastra siswa berupa buku ber-ISBN dengan judul “Seberang Sungai (Sebuah Antologi Pantun dari Anak-Anak Sungai Asam)”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, T. (2020). Kita menulis: merdeka menulis. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Andriani, T. (2012). Pantun dalam kehidupan melayu (pendekatan historis dan antropologis). Sosial Budaya, 9(2), 195-211.
Astari, G. P., Hasyim. M & Kuswarini. P. (2019). Penerjemahan metafora novel “lelaki harimau” ke dalam “l’homme tigre”. Jurnal Ilmu Budaya, 7(1), 83-93.
Lizawati, Kusnita, S., Herlina, H., Lahir, M., Wulansari, F., Uli, I., ... & Hariadi, T. (2021). Pendampingan menulis resensi novel sebagai upaya gerakan literasi cerdas di smpn 6 sungai raya kabupaten kubu raya. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 293-300.
Kusnita, S., Uli, I., & Yuniarti, N. (2021). Cerita rakyat melayu pesisir kalimantan barat sebagai alternatif bahan pembelajaran sastra di smp. Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(2), 201-214.
Nur, A. S. H. (2015). Reproduksi sastra penerbit kristal multimedia. Disertasi tidak diterbitkan. Padang: Universitas Andalas.
Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi (edisi pertama). Yogyakarta: BPFE.
Pranoto, N., Sastro, S dan Sudyarto, S. (2013). Seni menulis sastra hijau bersama perhutani. Jakarta: Perhutani.
Saputra, A. W. (2015). Pengembangan blog menulis berita untuk majalah sekolah sebagai media pembinaan ekstrakurikuler jurnalistik bagi siswa SMA. KEMBARA:Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2), 117-126.
Uli, I., Hariyadi, H., & Sulastri, S. (2019). Pembinaan menulis karya sastra untuk siswa ma darunna’im putri Pontianak. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 115-125.
Uli, I., Lizawati, L., & Yuniarti, N. (2021). Analisis stilistika pantun upacara adat perkawinan melayu sambas serta relevansinya sebagai apresiasi sastra di sma. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 29-42.
Wandasari, Y. (2016). Implementasi gerakan literasi sekolah (gls) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. JMKSP Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 1(1), 325-343.
Wulansari, F., Yuniarti, N., Hariadi, T., Sulastriana, E., Lahir, M., Uli, I., ... & Herlina, H. (2022). Pelatihan dan pendampingan penulisan pantun sebagai upaya pelestarian warisan budaya melayu. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(2), 281-288.
DOI: https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.3271
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: gervasi.ikippgriptk@gmail.com
p-ISSN: 2598-6147 | e-ISSN: 2598-6155
VISITOR STATS: