Gerakan Terbit Sastra di SMP Negeri 18 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.3271Keywords:
gerakan terbit sastra, pantun, menulis, karya sastraAbstract
Gerakan terbit sastra bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami karya sastra. Gerakan terbit sastra dilakukan di SMP N 18 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Pengabdian ini dilakukan melalui tiga tahapan. Tahap pertama yaitu persiapan, dilakukan dengan cara menganalisis permasalahan yang ada. Tahap kedua, yaitu pelaksanaan program dan tahap ketiga yaitu evaluasi. Tahap evaluasi ini dilakukan untuk melihat ketercapaian target luaran pengabdian. Adapun bentuk kegiatan gerakan terbit sastra di SMPN 18 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya berupa seminar pengetahuan dan pemanfaatan karya sastra dalam kegiatan sehari-hari, pelatihan dan pendampingan pemanfaatan penulisan karya sastra, dan penyediaan akses dalam menerbitkan karya sastra. Hasil gerakan terbit sastra di SMPN 18 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya berupa peningkatan pengetahuan terhadap karya sastra, peningkatan minat menulis karya sastra, dan terbitnya hasil karya sastra siswa berupa buku ber-ISBN dengan judul “Seberang Sungai (Sebuah Antologi Pantun dari Anak-Anak Sungai Asam)â€.
Downloads
References
Agustin, T. (2020). Kita menulis: merdeka menulis. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Andriani, T. (2012). Pantun dalam kehidupan melayu (pendekatan historis dan antropologis). Sosial Budaya, 9(2), 195-211.
Astari, G. P., Hasyim. M & Kuswarini. P. (2019). Penerjemahan metafora novel “lelaki harimau†ke dalam “l’homme tigreâ€. Jurnal Ilmu Budaya, 7(1), 83-93.
Lizawati, Kusnita, S., Herlina, H., Lahir, M., Wulansari, F., Uli, I., ... & Hariadi, T. (2021). Pendampingan menulis resensi novel sebagai upaya gerakan literasi cerdas di smpn 6 sungai raya kabupaten kubu raya. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 293-300.
Kusnita, S., Uli, I., & Yuniarti, N. (2021). Cerita rakyat melayu pesisir kalimantan barat sebagai alternatif bahan pembelajaran sastra di smp. Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(2), 201-214.
Nur, A. S. H. (2015). Reproduksi sastra penerbit kristal multimedia. Disertasi tidak diterbitkan. Padang: Universitas Andalas.
Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi (edisi pertama). Yogyakarta: BPFE.
Pranoto, N., Sastro, S dan Sudyarto, S. (2013). Seni menulis sastra hijau bersama perhutani. Jakarta: Perhutani.
Saputra, A. W. (2015). Pengembangan blog menulis berita untuk majalah sekolah sebagai media pembinaan ekstrakurikuler jurnalistik bagi siswa SMA. KEMBARA:Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2), 117-126.
Uli, I., Hariyadi, H., & Sulastri, S. (2019). Pembinaan menulis karya sastra untuk siswa ma darunna’im putri Pontianak. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 115-125.
Uli, I., Lizawati, L., & Yuniarti, N. (2021). Analisis stilistika pantun upacara adat perkawinan melayu sambas serta relevansinya sebagai apresiasi sastra di sma. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 29-42.
Wandasari, Y. (2016). Implementasi gerakan literasi sekolah (gls) sebagai pembentuk pendidikan berkarakter. JMKSP Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 1(1), 325-343.
Wulansari, F., Yuniarti, N., Hariadi, T., Sulastriana, E., Lahir, M., Uli, I., ... & Herlina, H. (2022). Pelatihan dan pendampingan penulisan pantun sebagai upaya pelestarian warisan budaya melayu. Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(2), 281-288.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.