Pemberdayaan Guru dalam Pemanfaatan Sumber Belajar Online Matematika dan Sains dengan Pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge
Abstract
Pendidik sudah semestinya dapat beradaptasi dalam menghadapi perkembangan dan perubahan teknologi saat ini. Namun perkembangan teknologi berkaitan dengan sumber belajar online belum dioptimalkan secara maksimal dalam proses pembelajaran yang efektif pada guru sekolah dasar. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan kemampuan kepada guru Sekolah Dasar dalam memanfaatkan sumber belajar online dengan pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) sehingga dapat mengenali, memahami dan menggunakannya dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan. Kegiatan dilakukan secara daring dan mandiri. Kegiatan secara daring dilakukan dengan metode ekspositori, tanya jawab, praktik dan presentasi hasil. Kemudian kegiatan secara mandiri dilakukan dengan merancang perencanaan pembelajaran menggunakan sumber belajar online. Hasil menunjukkan bahwa guru terbantu dengan adanya pemberdayaan, guru sangat antusias mengikuti materi pemberdayaan dan tertarik untuk mengembangkan materi pembelajaran dengan memanfaatkan sumber belajar online berbasis pendekatan TPACK serta adanya program lanjutan yang memberikan informasi dan pemanfaatan sumber belajar online yang mudah dipraktikkan di kelas.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3397
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: gervasi.ikippgriptk@gmail.com
p-ISSN: 2598-6147 | e-ISSN: 2598-6155
VISITOR STATS: