Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Asesmen Berbasis Information And Communication Technology

Authors

  • Daning Hentasmaka STKIP PGRI Jombang
  • Lailatus Sa'adah STKIP PGRI Jombang

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3462

Keywords:

pendampingan, asesmen, information and communication technology

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pembuatan asesmen berbasis Information and Communication Technology (ICT) kepada 27 guru dari 3 Sekolah Dasar Negeri di Wonosalam. Hal ini bertujuan agar sekolah mampu memfasilitasi pemanfaatan ICT sebagai media asesmen, para guru mempunyai pengetahuan dan keterampilan memanfaatkan ICT sebagai media asesmen yang sesuai dengan mata pelajaran, para guru memiliki pengetahuan dan keterampilan mengembangkan asesmen berbasis ICT. Target kegiatan PKM ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada 27 guru tersebut. Metode pelatihan dilakukan dengan ceramah dan dilanjutkan dengan diskusi, latihan, praktik, dan presentasi. Setelah diberikan pelatihan para guru akan melakukan praktik secara terbimbing dan presentasi hasil praktik mereka. Selanjutnya dilakukan pendampingan sampai tercapainya tujuan, yaitu memiliki pengetahuan dan keterampilan mengembangkan asesmen berbasis ICT. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan para guru dari sekolah mitra dalam menghasilkan seperangkat asesmen berbasis ICT yang baik dan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Hentasmaka, D., & Sa’adah, L. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Asesmen Berbasis Information And Communication Technology. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 372–386. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3462