Pelatihan Debate Model Parlemen Inggris Berbasis Online untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Berargumentasi Mahasiswa

Authors

  • Masriatus Sholikhah STKIP PGRI JOMBANG
  • Fahmi Syahab
  • Riris Nur Eriyanti

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i1.3479

Keywords:

Debat Model Parlemen Inggris, Berfikir Kritis. Aplikasi debate timer.

Abstract

Kegiatan pengabdian dilaksanakan di Prodi Bahasa Inggris STKI PGRI Jombang. Program pengabdian ini dilatarbelakangi oleh:(1) minimnya pelaksanaan pelatihan kemampuan public speaking dan berfikir kritis mahasiswa;(2) minimnya waktu untuk penjaringan delegasi dan pengenalan, pelatihan, dan pendampingan debat sehingga menyebabkan kurang memuaskannya kualitas delegasi kompetisi NUDC;(3) lemahnya kemampuan berargumentasi dan berlogika. Berdasarkan hasil observasi dan analisis kebutuhan maka solusinya meliputi: (1) memberi wokshop tentang jenis mosi debat, dan cara penilai debat dengan model parlemen Inggris;(2) pendampingan latihan debat secara intensif dengan beragam motion terbaru. Adapun hasil dari program pelatihan dan pendampingan yaitu:(1) kegitan pelatihan dan pendampingan debate dengan bentukperlemen inggris berjalan dengan baiakndan mahasiswa sangat antusiaselama kegiatan berlangsung;  (2) hasil dari proses pelatihan debate diunggah pada Platform Youtube; dan (3) adanya peningkatan kemampuan berargumentasi dan berfikir kritis diukur melalui sistem 3M (matter, manner, dan method) dan AREL (Assertion, Reason, Evidence, dan Link back). 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Sholikhah, M., Syahab, F., & Eriyanti, R. N. (2022). Pelatihan Debate Model Parlemen Inggris Berbasis Online untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Berargumentasi Mahasiswa. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 55–66. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i1.3479