Pembelajaran Percakapan Bahasa Arab di TPQ Nurul Jadid Pacet
Abstract
Kegiatan pengabdian dilakukan untuk membantu dalam menginisiasi pembelajaran percakapan bahasa Arab di TPQ Nurul Jadid Pacet. Pendekatan ABCD digunakan dalam pengabdian ini melalui metode pengenalan aset dan penemuan apresiatif. Salah satu kelas pada TPQ Nurul Jadid dipilih sebagai fokus percobaan awal. Diketahui bahwa kelas tersebut diampu oleh seorang ustaz yang dahulu pernah mempelajari percakapan bahasa Arab, nahu, dan saraf. Hal itu merupakan keberhasilan masa lalu yang dapat menjadi aset pengembangan TPQ serta peluang berjalannya pembelajaran yang akan diupayakan. Silabus dan RPP sederhana kemudian disusun oleh pengabdi untuk menginisiasi pembelajaran tersebut. Setelah diselenggarakan, ustaz kelas dan sebagian santri yang terlibat pun menunjukkan rasa suka mereka dengan 18 poin dari 20 poin rasa suka maksimal. Ustaz kelas juga mengungkapkan kesediaannya untuk melanjutkan program pembelajaran ini secara mandiri. Kolaborasi pengabdi dalam persiapan materi dan penilaiannya untuk pembelajaran 1 tahun ke depan akan diupayakan sebagai bentuk keberlanjutan program.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3489
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: gervasi.ikippgriptk@gmail.com
p-ISSN: 2598-6147 | e-ISSN: 2598-6155
VISITOR STATS: