Pembelajaran Percakapan Bahasa Arab di TPQ Nurul Jadid Pacet

Authors

  • Muhammad Rusmadan As'arie
  • Aldiansyah Hafidh Akbar
  • Farid al-Bathothy

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3489

Keywords:

pembelajaran, bahasa arab, pendekatan ABCD

Abstract

Kegiatan pengabdian dilakukan untuk membantu dalam menginisiasi pembelajaran percakapan bahasa Arab di TPQ Nurul Jadid Pacet. Pendekatan ABCD digunakan dalam pengabdian ini melalui metode pengenalan aset dan penemuan apresiatif. Salah satu kelas pada TPQ Nurul Jadid dipilih sebagai fokus percobaan awal. Diketahui bahwa kelas tersebut diampu oleh seorang ustaz yang dahulu pernah mempelajari percakapan bahasa Arab, nahu, dan saraf. Hal itu merupakan keberhasilan masa lalu yang dapat menjadi aset pengembangan TPQ serta peluang berjalannya pembelajaran yang akan diupayakan. Silabus dan RPP sederhana kemudian disusun oleh pengabdi untuk menginisiasi pembelajaran tersebut. Setelah diselenggarakan, ustaz kelas dan sebagian santri yang terlibat pun menunjukkan rasa suka mereka dengan 18 poin dari 20 poin rasa suka maksimal. Ustaz kelas juga mengungkapkan kesediaannya untuk melanjutkan program pembelajaran ini secara mandiri. Kolaborasi pengabdi dalam persiapan materi dan penilaiannya untuk pembelajaran 1 tahun ke depan akan diupayakan sebagai bentuk keberlanjutan program.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

As’arie, M. R., Akbar, A. H., & al-Bathothy, F. (2022). Pembelajaran Percakapan Bahasa Arab di TPQ Nurul Jadid Pacet. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 398–409. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3489