Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengelola Stress Siswa SMP di Kabupaten Kubu Raya

Authors

  • Ana Fergina Universitas Tanjungpura
  • Luhur Wicaksono Universitas Tanjungpura
  • Amallia Putri Universitas Tanjungpura
  • Yuline Yuline

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.3509

Keywords:

stress, guru, bimbingan dan konseling, siswa

Abstract

Stress pelajar kini kerap terjadi di masa pandemi Covid-19, baik itu tekanan berat maupun ringan. Tugas sekolah yang diberikan guru pada saat pembelajaran daring menjadi salah satu penyebab kondisi tersebut. Peran guru BK di sekolah bermanfaat dalam mengurangi tingkat kecemasan dan stress siswa di sekolah. Pengabdian kepada masyarakat guru bimbingan dan konseling dilakukan untuk mencegah kondisi yang lebih buruk akibat pandemi yang mempengaruhi proses belajar siswa. Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan melalui seminar kepada guru-guru bimbingan dan konseling dari berbagai sekolah di kubu raya. Berdasarkan pengamatan, para guru menanggapi positif lokakarya ini dan tahu bagaimana mencegah kasus apa pun di sekolah mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ana Fergina, Universitas Tanjungpura

-

Luhur Wicaksono, Universitas Tanjungpura

-

Amallia Putri, Universitas Tanjungpura

-

References

Anas, A. (2020). Mengelola stres siswa di masa pandemi. Media Indonesia, (Online), (https://mediaindonesia.com/opini/351972/mengelola-stres-siswa-di-masa-pandemi).

Barseli, M., Ifdil, & Nikmarijal. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143–148.

Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan remaja pada masa pandemi Covid-19. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 1-4.

Fitriani, M. (2021). Gambaran stres akademik siswa smp saat pembelajaran daring (online) di kota padang. Socio Humanus, 3(1), 76-85.

Halal, R. H. A. (2020). Dampak covid-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya Syari, 7(5). 395–402.

Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis tingkat stres akademik pada mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh dimasa covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 10-14.

KPAI. (2020). KPAI Says Many Students are Stress over Online Learning. Tempo. (Online), (https://en.tempo.co/read/1524651/education-ministry-reassures-parents-not-to-worry-about-sending-kids-to-school)

Mawakhira, N. Y., & Ma’wa, J. Y. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. Psyche 165 Journal, 13(2), 235–239.

Mugiarso, H. (2020). Strategi pengelolaan diri calon konselor menghadapi pandemi covid-19. Makalah disajikan pada Kuliah Umum Prodi Bimbingan Konseling, Universitas Tanjungpura Pontianak.

Livana, M., & Basthomi, Y. (2020). Penyebab stres mahasiswa selama pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203-208.

Putra, M. A. & Shofaria, N. (2020) Inovasi layanan bimbingan dan konseling pada pembelajaran dalam jaringan masa pandemi covid-19. Jurnal Bikotetik. 4(2), 5561.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Fergina, A., Wicaksono, L., Putri, A., & Yuline, Y. (2022). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengelola Stress Siswa SMP di Kabupaten Kubu Raya. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 572–582. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.3509