Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengelola Stress Siswa SMP di Kabupaten Kubu Raya
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.3509Keywords:
stress, guru, bimbingan dan konseling, siswaAbstract
Stress pelajar kini kerap terjadi di masa pandemi Covid-19, baik itu tekanan berat maupun ringan. Tugas sekolah yang diberikan guru pada saat pembelajaran daring menjadi salah satu penyebab kondisi tersebut. Peran guru BK di sekolah bermanfaat dalam mengurangi tingkat kecemasan dan stress siswa di sekolah. Pengabdian kepada masyarakat guru bimbingan dan konseling dilakukan untuk mencegah kondisi yang lebih buruk akibat pandemi yang mempengaruhi proses belajar siswa. Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan melalui seminar kepada guru-guru bimbingan dan konseling dari berbagai sekolah di kubu raya. Berdasarkan pengamatan, para guru menanggapi positif lokakarya ini dan tahu bagaimana mencegah kasus apa pun di sekolah mereka.
Downloads
References
Anas, A. (2020). Mengelola stres siswa di masa pandemi. Media Indonesia, (Online), (https://mediaindonesia.com/opini/351972/mengelola-stres-siswa-di-masa-pandemi).
Barseli, M., Ifdil, & Nikmarijal. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143–148.
Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan remaja pada masa pandemi Covid-19. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 1-4.
Fitriani, M. (2021). Gambaran stres akademik siswa smp saat pembelajaran daring (online) di kota padang. Socio Humanus, 3(1), 76-85.
Halal, R. H. A. (2020). Dampak covid-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya Syari, 7(5). 395–402.
Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis tingkat stres akademik pada mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh dimasa covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 10-14.
KPAI. (2020). KPAI Says Many Students are Stress over Online Learning. Tempo. (Online), (https://en.tempo.co/read/1524651/education-ministry-reassures-parents-not-to-worry-about-sending-kids-to-school)
Mawakhira, N. Y., & Ma’wa, J. Y. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. Psyche 165 Journal, 13(2), 235–239.
Mugiarso, H. (2020). Strategi pengelolaan diri calon konselor menghadapi pandemi covid-19. Makalah disajikan pada Kuliah Umum Prodi Bimbingan Konseling, Universitas Tanjungpura Pontianak.
Livana, M., & Basthomi, Y. (2020). Penyebab stres mahasiswa selama pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203-208.
Putra, M. A. & Shofaria, N. (2020) Inovasi layanan bimbingan dan konseling pada pembelajaran dalam jaringan masa pandemi covid-19. Jurnal Bikotetik. 4(2), 5561.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.