Pengembangan Konten Pembelajaran Tematik “Pengenalan Diri” Berbasis Multimedia pada Sekolah TK Santo Yoseph Medan

Syafira Ulya Firza, Andreani Caroline Barus, Agustina Agustina

Abstract


Pandemi Covid-19 berdampak besar pada kegiatan pembelajaran di sekolah dari luring menjadi daring, salah satu sekolah yang terdampak dari pandemi ini adalah TK Santo Yoseph Medan. Demi kelancaran kegiatan pembelajaran, para guru dengan keterbatasan kemampuan dipaksa harus membuat konten pembelajaran. Hasilnya konten yang dihasilkan cenderung bersifat instruksi kerja. Tujuan dilakukannya pengabdian ini adalah menciptakan konten pembelajaran dalam bentuk video pembelajaran untuk peserta didik. Konten yang diciptakan nantinya akan diserahkan kepada 8 guru yang mengajar pada TK Santo Yoseph untuk diimplementasikan. Metode pelaksanaan diawali dengan melakukan observasi untuk melihat proses pembelajaran yang berjalan dan wawancara guru-guru terkait tematik yang diajarkan untuk persiapan konten yang akan dibuat. Konten pembelajaran dibuat menggunakan aplikasi online Renderforest dan menghasilkan 12 konten pembelajaran dengan tema pengenalan diri. Berdasarkan hasil wawancara terhadap para guru, konten pembelajaran yang dihasilkan sangat menarik dan interaktif sehingga meningkatkan minat belajar para peserta didik.

Keywords


konten pembelajaran, tematik pengenalan diri, multimedia

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Gervasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2
Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116
Telp. (0561) 748219
E-mail: gervasi.ikippgriptk@gmail.com 


p-ISSN:  2598-6147 | e-ISSN: 2598-6155


VISITOR STATS:

View Stats