Pengembangan Konten Pembelajaran Tematik “Pengenalan Diri” Berbasis Multimedia pada Sekolah TK Santo Yoseph Medan

Authors

  • Syafira Ulya Firza Universitas Mikroskil
  • Andreani Caroline Barus Universitas Mikroskil
  • Agustina Agustina Universitas Mikroskil

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3540

Keywords:

konten pembelajaran, tematik pengenalan diri, multimedia

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak besar pada kegiatan pembelajaran di sekolah dari luring menjadi daring, salah satu sekolah yang terdampak dari pandemi ini adalah TK Santo Yoseph Medan. Demi kelancaran kegiatan pembelajaran, para guru dengan keterbatasan kemampuan dipaksa harus membuat konten pembelajaran. Hasilnya konten yang dihasilkan cenderung bersifat instruksi kerja. Tujuan dilakukannya pengabdian ini adalah menciptakan konten pembelajaran dalam bentuk video pembelajaran untuk peserta didik. Konten yang diciptakan nantinya akan diserahkan kepada 8 guru yang mengajar pada TK Santo Yoseph untuk diimplementasikan. Metode pelaksanaan diawali dengan melakukan observasi untuk melihat proses pembelajaran yang berjalan dan wawancara guru-guru terkait tematik yang diajarkan untuk persiapan konten yang akan dibuat. Konten pembelajaran dibuat menggunakan aplikasi online Renderforest dan menghasilkan 12 konten pembelajaran dengan tema pengenalan diri. Berdasarkan hasil wawancara terhadap para guru, konten pembelajaran yang dihasilkan sangat menarik dan interaktif sehingga meningkatkan minat belajar para peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Firza, S. U., Barus, A. C., & Agustina, A. (2022). Pengembangan Konten Pembelajaran Tematik “Pengenalan Diri” Berbasis Multimedia pada Sekolah TK Santo Yoseph Medan. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 410–423. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i2.3540