Inovasi Pembelajaran Abad ke-21 Melalui Pelatihan Pengembangan Soal HOTS Matematika Tingkat Sekolah Dasar

Authors

  • Novia Dwi Rahmawati Universitas Hasyim Asy'ari
  • Iesya Rodliyah Universitas Hasyim Asy'ari
  • Sari Saraswati Universitas Hasyim Asy'ari

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.3617

Keywords:

inovasi pembelajaran, keterampilan abad ke-21, HOTS Matematika

Abstract

Pembelajaran abad ke-21 menggunakan istilah yang dikenal sebagai 4C (critical thinking, communication, collaboration, and creativity), yaitu empat kemampuan yang telah diidentifikasi sebagai kemampuan penting dan diperlukan untuk pembelajaran abad ke-21. Namun faktanya, tidak banyak yang berubah dengan inovasi pembelajaran di dunia pendidikan. Artinya, masih banyak ditemukan masalah-masalah yang terkait dengan kurangnya inovasi pembelajaran. Hal ini juga yang dialami SD Islam Sabilillah Jombang. Solusi yang akan diberikan untuk PKM di SD Islam Sabilillah Jombang adalah dengan memberikan inovasi pembelajaran abad ke-21 melalui pelatihan pengembangan soal-soal HOTS kepada guru. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan guru dalam membuat dan mengembangan soal-soal HOTS matematika. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu pelatihan yang dikuti 23 peserta dari SDI Sabilillah Jombang dengan menggunakan empat tahapan, yaitu tahap pendahuluan, sosialisasi dan audiensi, pelaksanaan, dan evaluasi akhir. Hasil yang diperoleh setelah melaksanakan pelatihan ini adalah adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan yang signifikan para peserta pelatihan tentang pengembangan dan penyelesaian soal-soal HOTS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106–124. http://dx.doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis high order thinking skill (hots) siswa dalam menyelesaikan soal open ended matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 55–64. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64

Juhji, J., & Suardi, A. (2018). Profesi guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di era globalisasi. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 16–24. http://dx.doi.org/10.32678/geneologi%20pai.v5i1.1043

Majir, A. (2020). Paradigma baru manajemen pendidikan abad 21. Yogyakarta: Deepublish.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64

Mu’min, S. A. (2013). Teori Perkembangan kognitif jean piaget. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 89–99.

Muliastrini, N. K. E. (2020). New Literacy sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar di abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115–125. https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3114

Qirom, M. S., Sridana, N., & Prayitno, S. (2020). Pengembangan Soal matematika berbasis higher order thinking skills pada lingkup materi ujian nasional untuk tingkatan sekolah menengah pertama. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 466–472. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2028

Rahmawati, N. D. (2020). Pengembangan dan penyelesaian higher order thinking skill (hots) melalui matematika untuk siswa sekolah dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Rahmawati, N. D. (2020). Proses berpikir kreatif dalam pengajuan masalah matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahmawati, Novia Dwi, Komarudin, K., & Suherman, S. (2022). Pengembangan instrumen penilaian matematika berbasis HOTS pada calon Guru Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 860–871. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4893

Ramadhani, R., Masrul, M., Nofriansyah, D., Abi Hamid, M., Sudarsana, I. K., Sahri, S., Simarmata, J., Safitri, M., & Suhelayanti, S. (2020). Belajar dan pembelajaran: konsep dan pengembangan. Yayasan Kita Menulis.

Rohim, D. C. (2019). Strategi Penyusunan soal berbasis hots pada pembelajaran matematika sd. Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(4), 436–446.

Suhady, W., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan soal untuk mengukur higher order thinking skill (hots) siswa. Jurnal Gantang, 5(2), 143–150. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2518

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343

Downloads

Additional Files

Published

2022-12-01

How to Cite

Rahmawati, N. D., Rodliyah, I., & Saraswati, S. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad ke-21 Melalui Pelatihan Pengembangan Soal HOTS Matematika Tingkat Sekolah Dasar. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 595–603. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.3617