Inovasi Pembelajaran Abad ke-21 Melalui Pelatihan Pengembangan Soal HOTS Matematika Tingkat Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.3617Keywords:
inovasi pembelajaran, keterampilan abad ke-21, HOTS MatematikaAbstract
Pembelajaran abad ke-21 menggunakan istilah yang dikenal sebagai 4C (critical thinking, communication, collaboration, and creativity), yaitu empat kemampuan yang telah diidentifikasi sebagai kemampuan penting dan diperlukan untuk pembelajaran abad ke-21. Namun faktanya, tidak banyak yang berubah dengan inovasi pembelajaran di dunia pendidikan. Artinya, masih banyak ditemukan masalah-masalah yang terkait dengan kurangnya inovasi pembelajaran. Hal ini juga yang dialami SD Islam Sabilillah Jombang. Solusi yang akan diberikan untuk PKM di SD Islam Sabilillah Jombang adalah dengan memberikan inovasi pembelajaran abad ke-21 melalui pelatihan pengembangan soal-soal HOTS kepada guru. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan guru dalam membuat dan mengembangan soal-soal HOTS matematika. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu pelatihan yang dikuti 23 peserta dari SDI Sabilillah Jombang dengan menggunakan empat tahapan, yaitu tahap pendahuluan, sosialisasi dan audiensi, pelaksanaan, dan evaluasi akhir. Hasil yang diperoleh setelah melaksanakan pelatihan ini adalah adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan yang signifikan para peserta pelatihan tentang pengembangan dan penyelesaian soal-soal HOTS.
Downloads
References
Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106–124. http://dx.doi.org/10.30984/jii.v12i2.897
Hasyim, M., & Andreina, F. K. (2019). Analisis high order thinking skill (hots) siswa dalam menyelesaikan soal open ended matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 55–64. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64
Juhji, J., & Suardi, A. (2018). Profesi guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di era globalisasi. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 16–24. http://dx.doi.org/10.32678/geneologi%20pai.v5i1.1043
Majir, A. (2020). Paradigma baru manajemen pendidikan abad 21. Yogyakarta: Deepublish.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.55-64
Mu’min, S. A. (2013). Teori Perkembangan kognitif jean piaget. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 89–99.
Muliastrini, N. K. E. (2020). New Literacy sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar di abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115–125. https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3114
Qirom, M. S., Sridana, N., & Prayitno, S. (2020). Pengembangan Soal matematika berbasis higher order thinking skills pada lingkup materi ujian nasional untuk tingkatan sekolah menengah pertama. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 466–472. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2028
Rahmawati, N. D. (2020). Pengembangan dan penyelesaian higher order thinking skill (hots) melalui matematika untuk siswa sekolah dasar. Yogyakarta: Deepublish.
Rahmawati, N. D. (2020). Proses berpikir kreatif dalam pengajuan masalah matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rahmawati, Novia Dwi, Komarudin, K., & Suherman, S. (2022). Pengembangan instrumen penilaian matematika berbasis HOTS pada calon Guru Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 860–871. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4893
Ramadhani, R., Masrul, M., Nofriansyah, D., Abi Hamid, M., Sudarsana, I. K., Sahri, S., Simarmata, J., Safitri, M., & Suhelayanti, S. (2020). Belajar dan pembelajaran: konsep dan pengembangan. Yayasan Kita Menulis.
Rohim, D. C. (2019). Strategi Penyusunan soal berbasis hots pada pembelajaran matematika sd. Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(4), 436–446.
Suhady, W., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan soal untuk mengukur higher order thinking skill (hots) siswa. Jurnal Gantang, 5(2), 143–150. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2518
Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors should sign the copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by GERVASI prior to the publication.