Edukasi Cinta Al-Qur’an bagi Kelompok Perempuan Desa Dermolo Kembang Jepara

Authors

  • Ahmad Saefudin Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Azzah Nor Laila Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Helmi Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.3678

Keywords:

Al-Qur’an, pedagogi Qur’ani, kelompok perempuan

Abstract

Penanaman nilai-nilai Al-Qur’an merupakan tanggung jawab umat Islam secara umum, mulai dari kalangan pesantren maupun institusi pendidikan formal. Peran kelompok perempuan di masyarakat pedesaan juga memiliki sumbangsih fundamental dalam aktivitas pedagogi Qur’ani. Desa Dermolo memiliki karakteristik kultur kemajemukan yang tinggi. Terdapat beragam agama seperti Islam, Kristen, dan Budha. Kelompok perempuan muslimah di Desa Dermolo menemui tantangan yang unik dalam upaya melakukan edukasi cinta terhadap Al-Qur’an. Pengabdian ini bertujuan untuk memotivasi dan melatih kelompok perempuan di Desa Dermolo agar memiliki kesadaran terhadap proses penanaman nilai-nilai Al-Qur’an. Metode kegiatan berupa penyampaian motivasi, pelatihan pendampingan, dan Focus Group Discussion. Hasilnya, kelompok perempuan termotivasi untuk mendidik dan membiasakan membaca Al-Qur’an di rumah serta mendorong anak-anaknya agar belajar di madrasah diniyah. Hal ini dibuktikan dari hasil evaluasi pelaksanaan pengabdian. Dari 27 responden, sebesar 96% menyatakan puas terhadap kegiatan ini, sebesar 93% menyatakan materi pelatihan telah terorganisasi dengan baik, dan sebesar 81% menilai performa fasilitator masuk dalam kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ahmad Saefudin, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Azzah Nor Laila, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

References

Al Mubarok, A. A. S. A. (2020). Metode Keteladanan dalam Pendidikan islam terhadap anak di pondok pesantren. Al-TA’DIB, 12(2), 306–321. https://doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1447

Anam, S. (2022). Efektivitas menghafal al-qur’an: melalui metode elmaduri. Al-Mutsla : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Dan Kemasyarakatan, 4(1), 1–9.

Anjarsari, R., Syahidin, S., & Sumarna, E. (2017). Program Gerakan cinta alquran “genta†dalam mengopimalkan pendidikan agama islam di sekolah (studi deskriptif di smp unggulan al-amin ngamprah). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 4(1), 57–65. https://doi.org/10.17509/t.v4i1.6992

Atikah, N. (2019). Peran orang tua untuk meingkatkan motivasi anak dalam belajar membaca al-qur’an di tpq baitussalam desa babalan lor bojong pekalongan. Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

Badruzaman, D. (2019). Metode tahfidz al-qur’an di pondok pesantren miftahul huda ii kabupaten ciamis. Idea : Jurnal Humaniora, 9, 245–253. https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4888

Dermolo, P. (2020). Sejarah desa dermolo. (Online) (http://dermolo.desa.id/profil/sejarah/)

Hadi, S. Z., Nur, T., & Ulya, N. (2021). Partisipasi orang tua dalam mendukung belajar mengaji al-qur’an anak di masa pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2705–2713.

Idhar. (2020). Profil guru ideal dalam perspektif al-qur’an. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan, 4(2), 140–159.

Irawan, K. A., Ahyani, H., Jafari, A., & Rofik, A. (2021). Peran madrasah diniyah an nur dalam pengembangan pendidikan islam melalui tradisi keagamaan. Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(1), 52–65.

Julianto, T. A. (2020). Metode menghafal dan memahami al-qur’an bagi anak usia dini melalui gerakan isyarat ACQ. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 71–84.

Nasikhah, U., & Herwani. (2022). Peran keluarga dalam mengajarkan al-qur’an kepada abak sejak dini. Borneo: Journal of Islamic Studies, 2(2), 115–124.

Nasution, M. H. (2020). Metode nasehat perspektif pendidikan islam. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 5(1), 53–64.

Rafiudin. (2018). Pendidikan kitab suci al-qur’an (studi analisis buku anthology of world scriptures karya robert e. van voorst). Adz-Zikr: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 12–29.

Ratnawati, D., Abidin, A. Z., & Zulfikar, E. (2020). Problematika pembelajaran al-qur’an di era industri dalam konteks indonesia. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1), 72–92.

Rudini, & Kotimah, I. K. (2019). Problematika pembelajaran membaca al quran. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 31–36.

Wakit, S., & Agustin, D. (2020). Pelatihan pembelajaran al- qur’an dengan menggunakan metode qiro’ati di madrasah diniyah darul ulum mumbulsari jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 6(1), 28–33.

Wolingga, H. (2018). Implementasi teori belajar disiplin mental dalam pembelajaran al-quran hadits di mts. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 85–97.

Zuhdi, M. N. (2012). Perempuan dalam al-qur’an dan gerakan organisasi masyarakat islam anti kesetaraan. Musawa, 11(1), 47–66.

Zulfia Hanum Alfi Syahr. (2016). Membentuk madrasah diniyah sebagai alternatif lembaga pendidikan elite muslim bagi masyarakat. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 3(1), 47–65.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Saefudin, A., Laila, A. N., & Yusuf, H. (2022). Edukasi Cinta Al-Qur’an bagi Kelompok Perempuan Desa Dermolo Kembang Jepara. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 617–632. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.3678